MURIANEWS.com
Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

KEREN! Tiga Mahasiswa UMK Ciptakan Tempat Sampah Pintar Berbasis IOT

0 88

MURIANEWS.com, Kudus – Tiga mahasiswa Universitas Muria Kudus (UMK) menciptakan tempat sampah pintar berbasis Internet Of Things (IOT). Tempat sampah pintar berbasis IOT tersebut diberi nama T-Smart++. Pembuatan produk itu atas bentuk keprihatinan banyaknya sampah yang menumpuk di tempat sampah.

Mahasiswa tersebut tergabung dalam Program Kreativitas Mahasiswa Bidang Karsa Cipta (PKM KC) yang diadakan oleh Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kementerian Riset, Teknologi dan Perguruan Tinggi.

Ketiga mahasiswa itu adalah Novi Arimukti dan Arsya Yoga Pratama (Program Studi Sistem Informasi Fakultas Teknik), Bagus Utomo (Program studi Teknik Elektro Fakultas Teknik).

Bagus Utomo salah satu mahasiswa pencetus mengatakan, pembuatan tempat sampah pintar ini awalnya karena melihat banyaknya sampah ada di masyarakat. Bukan karena tidak diambil, namun karena sampah yang penuh di tempat sampah tidak diambil.

“Tujuannya mengurangi banyak sampah yang menumpuk. Kalau melalui tempat sampah pintar ini sampah yang penuh akan diambil petugas,” terangnya.

Ia mengatakan, sistem kerja sampah pintar ini bisa membuka secara otomatis dengan menggunakan sensor. Apabila, ada tangan berjarak 10 cm dengan tempat sampah tersebut. Maka, tempat sampah tersebut akan membuka secara otomatis.

“Ketika tempat sampah sudah penuh tidak akan membuka. Kemudian akan memberikan notifikasi bahwa tempat sampah sudah penuh. Lalu petugas sampah akan mengambil sampah tersebut,” katanya.

Wakil Rektor 3 UMK Rohmad Winarso mengatakan, melalui kegiatan ini diharapkan dapat menjadikan mahasiswa lebih kreatif. Sampah pintar ini merupakan alat tempat sampah yang berfungsi berbeda dengan lainnya. Karena menggunakan sistem IT.

“Seiap tahun ada ajang bergengsi. Maka mahasiswa UMK untuk mengikuti. Salah satunya Program Kreativitas Mahasiswa Bidang Karsa Cipta (PKM KC) yang diadakan oleh Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kementerian Riset, Teknologi dan Perguruan Tinggi,” tambahnya.

 

Reporter: Dian Utoro Aji
Editor: Supriyadi

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.