MURIANEWS.com
Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Pendonor Membeludak, Stok Darah di PMI Grobogan Kini Melimpah

0 58

MURIANEWS.com, GroboganStok darah di PMI Grobogan saat ini sudah berbeda 180 derajat dibandingkan empat hari lalu. Berdasarkan informasi yang disampaikan pihak PMI, jumlah stok darah ada 230 kantong pada hari ini, Sabtu (15/6/2019). Rinciannya, Rinciannya, stok golongan darah A sebanyak 57 kantong, golongan darah B (71), golongan darah O (72), dan golongan darah AB (30).

“Jumlah persediaan darah sebanyak ini untuk kondisi pagi tadi. Kemungkinan, persediaan masih bisa tambah karena masih banyak pendonor yang datang ke PMI mapun yang kita datangi. Untuk sementara, persediaan darah kita sudah aman,” kata Kasi Pelayanan PMI Grobogan Gesit Kristiyawan.

Banyaknya pendonor terjadi sejak Rabu (12/6/2019) lalu. Aksi ini dilakukan menyusul adanya himbauan dari PMI yang meminta masyarakat agar berkenan menyumbangkan darahnya karena stok darah mengalami kekosongan pada Selasa (11/6/2019) malam.

Imbauan yang disampaikan melalui media sosial maupun pesan pendek itu langsung mendapat respon dari masyarakat. Pada malam itu juga, ada belasan orang yang menyumbangkan darahnya untuk kemanusiaan.

Aksi donor darah terus berlangsung hingga hari ini. Selain datang langsung ke PMI, pihaknya juga mendatangi sejumlah instansi karena banyak pegawainya yang akan donor. Misalnya, di kantor Dinas Kesehatan. Kemudian di Markas Kodim 0717 juga diadakan donor darah yang diikuti puluhan anggota TNI dan Polri.

Sigit menambahkan, sebelum puasa lalu pihaknya sudah memiliki cukup banyak persediaan darah. Namun, persediaan sudah terpakai selama kurun puasa dan lebaran yang kebutuhannya memang cukup banyak.

Selama bulan puasa lalu jumlah pendonor darah memang turun drastis. Kondisi ini menyebabkan pihaknya tidak memiliki stok darah yang cukup banyak.

 

Reporter: Dani Agus
Editor: Supriyadi

HUT ke-293 Grobogan

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.