Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Antisipasi Mahalnya Elpiji Bersubsidi, Dinas Harapkan Pertamina Tambah Pangkalan di Kudus

0 73

MURAINEWS.com, Kudus – Dinas Perdagangan Kabupaten Kudus berharap PT Pertamina melakukan penambahan jumlah pangkalan gas elpiji bersubisi. Hal ini dilakukan agar penyebaran gas elpiji merata di wilayah Kabupaten Kudus.

Kepala Bidang Fasilitasi Perdagangan, Promosi dan Perlindungan Konsumen Dinas Perdagangan Kabupaten Kudus Imam Prayitno mengatakan, hingga kini belum ada pemerataan jumlah pangkalan elpiji di tiap kecamatan di Kudus. Bahkan ada daerah yang luas dengan jumlah penduduk yang banyak, pangkalan elpiji lebih sedikit.

“Karena ada daerah yang memiliki wilayah luas justru memiliki jumlah pangkalan yang sama dengan daerah lain yang wilayahnya jauh lebih sempit dan jumlah penduduk yang tidak banyak,” jelasnya.

Ia mengatakan, dengan adanya penambahan pangkalan tersebut, elpiji yang dijual bisa sesuai dengan harga eceran tertinggi. Yakni dengan harga jual sebesar Rp 15.500 per tabung. Karena harga elpiji dari luar daerah, harganya biasanya lebih mahal. Kisaran di antara Rp 17 ribu hingga Rp 20 ribu pertabung.

“Harapannya jika ada banyak pangkalan pedagang yang menampung pasokan elpiji dari luar daerah bisa berkurang. Karena kalah bersaing harga,” bebernya.

Dengan demikian, dengan penambahan ini selain harganya bisa seusai dengan HET, diharapkan juga pangkalan dapat menekan permasalahan rembesan elpiji dari luar daerah.

“Karena banyak rembesan elpiji bersubsisi dari luar daerah. Seperti dari Kabupaten Jepara, Pati, Demak, dan Semarang,” ungkapnya.

Sementara itu, alokasi elpiji bersubsidi yang diterima Kabupaten Kudus selama 2019 sebesar 8,19 juta tabung. Jumlah itu mengalami kenaikan dibandingkan realisasi penyaluran selama 2018.

Pada tahun 2018 Kudus meyalurkan elpiji 3 kg hingga 7,88 juta tabung. Sedangkan tahun ini meningkat menjadi 8,19 juta tabung sehingga ada penambahan 315.333 tabung.

Untuk jumlah pangkalan elpiji 3 kg yang menyalurkannya kepada masyarakat diperkirakan mencapai 825 pangkalan yang tersebar di sembilan kecamatan.

 

Reporter: Dian Utoro Aji
Editor: Supriyadi

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.