Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

KPU Kudus Sudah Serahkan Berkas PHPU untuk Sidang Gugatan Capres 02

0 111

MURIANEWS.com, Kudus – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kudus sudah menyerahkan berkas Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) di Mahkamah Konstitusi (MK). Penyerahan berkas itu terkait dengan PHPU calon presiden dan wakil presiden.

Komisioner KPU Kudus Dhany Kurniawan mengatakan, pihaknya telah menyerahkan berkas PHPU untuk gugatan capres dan cawapres. Menurutnya, Kabupaten Kudus menjadi salah satu kabupaten yang diduga ada perselisihan hasil pemilu.

“Sudah kami serahkan pada hari Selasa kemarin,” katanya saat ditemui di Kantor KPU Kudus, Kamis (13/6/2019).

Ia mengatakan, ada beberapa alat bukti yang diserahkan di MK. Mulai dari form DAA, DA2, DATT, DABH, DB, DB1, DBTT, dan DBTH. Selain itu juga, ia mengaku sudah menyerahkan alat bukti lain. Seperti, kronologis pemutakhiran data pemilih (DPT), kronologis sosialisasi, kronologis pemungutan suara, hingga kronologis input situng.

“Masing-masing 12 rangkap. Sudah kami serahkan,” katanya.

Dhany menjelaskan untuk sidang gugatan capres dan cawapres 02 direncakan akan dimulai pada tanggal 14 Juni 2019 besok. Dijadwalkan besok diagendakan pemeriksaan pendahuluan dan penyerahan perbaikan jawaban dan keterangan. Sementara untuk sidang gugatan pemilihan legislatif baru awal bulan Juli mendatang.

“Sementara untuk pileg yang ada tiga gugatan itu kami masih menunggu jadwal sidang. Rencananya baru bulan Juli mendatang,” jelasnya.

Meskipun demikian, ia mengaku sudah menyiapkan berkas PHPU untuk gugatan DPRD. “Kami masih menunggu jadwal sidang untuk yang gugatan DPRD Kabupaten Kudus,” tandasnya.

 

Reporter: Dian Utoro Aji
Editor: Supriyadi

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.