MURIANEWS.com
Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Meski Ilegal, Wisata Perahu Logung Tetap Ramai Dikunjungi Masyarakat

0 89

MURIANEWS.com, Kudus – Kendati tak berizin atau bersifat ilegal, wisata perahu di Bendungan Logung ternyata masih ramai dikunjungi para wisatawan. Mereka bahkan telah memadati kawasan bibir bendungan sedari pagi untuk mengantre naik kapal-kapal yang tersedia.

Larangan dan himbauan agar tidak masuk dan melakukan aktivitas di area Logung pun tak dihiraukan. Baik dari pihak pengelola maupun para wisatawan masih hilir mudik lakukan aktivitas wisata perahunya, Rabu (12/6/2019).

Pantauan MURIANEWS.com, puluhan kapal masih menjalankan aktivitas di area bendungan sedari pagi hingga sore ini. Ratusan pengunjung silih berganti menyambangi tepi Bendungan Logung untuk mengantre naik kapal yang bertarif Rp 10 ribu untuk anak-anak dan Rp 15 ribu untuk dewasa.

Kapolres Kudus, AKBP Saptono mengatakan, pihaknya sebenarnya telah berkoordinasi dengan pemerintah daerah terkait keamanan dan keselamatan para wisatawan. Mengingat segala kemungkinan bisa saja terjadi, terutama kemungkinan buruk.

“Kami sudah koordinasikan dengan pemerintah daerah terkait hal ini,” lanjutnya.

Hanya, pihaknya mengakui tidak bisa berbuat banyak soal fenomena wisata dadakan tersebut. Pasalnya, Bendungan Logung sendiri masih di bawah naungan Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Pemali Juwana.

“Kami hanya mengimbau supaya jangan diteruskan terlebih dahulu,” lanjutnya.

Monitoring secara berkala akan pihaknya lakukan. Imbauan kepada masyarakat juga akan digencarkan. Dengan harapan baik masyarakat maupun pehak-pihak terkait mau melapangkan dadanya untuk tidak melanggar aturan.

“Kami berharap semuanya baik-baik saja dan aman,” terangnya.

Sementara Bupati Kudus HM Tamzil mengakui jika pihaknya kalah cepat dengan masyarakat soal fenomena ini. Tamzil mengatakan, masyarakat Kudus terutama warga sekitar Logung lebih cepat dalam menangkap peluan usaha.

“Kami upayakan penyesuaian segera supaya tidak terjadi masalah,” ucap Tamzil.

Pelatihan-pelatihan terkait kepariwisataan akan segera dilaksanakan. Penataan lokasi untuk sektor pariwisata juga diupayakan segera dilakukan. Rapat koordinasi bersama usur-unsur terkait juga segera diagendakan.

“Akan kami rapatkan segera,” tandas Tamzil.

 

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Supriyadi

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.