MURIANEWS.com
Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Bhabinkamtibmas Pati Diminta Awasi Data Penerima Bansos

0 65

MURIANEWS.com, Pati- Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Bhabinkamtibmas) Polres Pati diminta untuk mengawal data penerima bantuan sosial (bansos) di masyarakat. Hal itu untuk memastikan agar penyaluran bantuan bisa tepat sasaran.

Kapolres Pati AKBP Jon Wesly Arianto mengatakan, telah ada MoU antara Kementerian Sosial (Kemensos) dengan Kapolri tentang pendampingan data bansos,l.

“Bhabinkamtibmas harus memiliki data yang ada di desa. Ketika data sudah ada, kemudian lakukan pengecekan apakah layak atau tidak mereka mendapatkan bansos itu,” katanya saat memberikan pengarahan kepada ratusan bhabinkamtibmas, Rabu (12/6/2019).

Selain itu, mereka juga diminta untuk mengawasi penggunaan Dana Desa. Mengingat, setiap tahunnya kucuran Dana Desa tersebut terus mengalami kenaikan.

“Ini juga penting untuk diawasi. Jangan sampai terjadi penyelewengan, apalagi korupsi dana desa,” imbuhnya.

Lebih dari itu Jhon Wesly juga memberikan arahan dan penekanan agar ke depan mampu mengupayakan penambahan personel Bhabinkamtibmas yang seharusnya satu desa satu Bhabinkamtibmas. Sementara saat ini setiap Bhabinkamtibmas masih menangani beberapa desa.
Bhabinkamtibmas harus peduli dengan masyarakat dan bisa menempatkan diri di lingkungan masyarakat, serta tidak boleh sombong dan tidak boleh angkuh kepada warga.

“Bhabinkamtibmas harus sering koordinasi dengan kepala desa, perangkat dan para tokoh masyarakat supaya mudah mendapatkan informasi tentang apa saja yang terjadi di desa. Bhabinkamtibas juga memiliki tugas early warning dan early detection. Apapun permasalahan di desa harus diketahui oleh Bhabinkamtibmas,” tandasnya.

 

Reporter: Cholis Anwar
Editor: Ali Muntoha

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.