MURIANEWS.com
Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Biro Wisata Sampai Kewalahan, Kunjungan ke Karimunjawa Ditaksir Capai 14 Ribu Orang

0 288

MURIANEWS.com, Jepara- Arus penumpang pelayaran di jalur Jepara-Karimunjawa ternyata sangat padat pada musim liburan Idul Fitri lalu. Selain masyarakat asli Karimunjawa yang pulang mudik, ternyata juga banyak wisatawan yang datang.

Arwin Pandu, salah seorang pekerja biro wisata Jepara-Karimunjawa mengaku sampai kewalahan mengurus kedatangan wisatawan ke Karimunjawa. Pria yang berasal dari Madiun ini bahkan harus rela tidak mudik ke kampung halaman, karena harus tetap bekerja memberikan layanan kepada para wisatawan.

“Ada ratusan wisatawan yang harus kami layani pada liburan Idul Fitri lalu. Belum yang dari biro lainnya. Memang banyak untuk yang berlibur ke Karimunjawa,” ujar Arwin Pandu, Selasa (11/6/2019).

Sementara itu, Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Jepara, Deny Hendarko, menyatakan arus penumpang dari Jepara ke Karimunjawa dan sebaliknya, dilayani oleh KMP Siginjai dan KMC Ekspres Bahari. KMP Siginjai yang selama ini juga mengangkut barang dan kendaraan, pada musim Lebaran difungsikan hanya khusus untuk penumpang saja.

Sehingga daya angkut penumpangnya menjadi lebih banyak dibandingkan pad hari biasa. Selain itu, jumlah trip pelayarannya juga ditambah lebih banyak untuk bisa melayani lonjakan penumpang. Penambahan jumlah trip pelayaran juga berlaku untuk KMC Ekspres Bahari.

Alhamdulilah dengan kebijakan yang ditempuh, semua penumpang bisa diangkut. Begitupun pada saat arus baliknya, semua penumpang yang ke Karimunjawa bisa diangkut,” ujar Deni Hendarko.

Jika ditelisik dari daya angkut dan jumlah trip pelayaran yang dijalani oleh 2 kapal tersebut, maka jumlah penumpang yang menyeberang ke Karimunjawa diperkirakan mencapai ribuan orang. KMP Siginjai, rata-rata mengangkut sekitar 350 penumpang sekali jalan. Sementara KMC Ekpres Bahari mengangkut 400-an penumpang sekali berangkat.

Dua kapal tersebut juga menjalani tambahan trip pelayaran di luar jadwal regular biasanya. Sehingga selama sepekan, jumlah penumpang yang dilayani memang bisa berkisar pada angka 14 ribuan penumpang.

Nahkoda KMP Siginjai, Husaini Ibrahim mengatakan, puncak arus balik dari Karimunjawa ke Jepara adalah hari Minggu (09/6/2019) lalu. Selain itu, pada Selasa (11/6/2019) juga banyak penumpang yang menyeberang balik ke Jepara.

Husaini menyebut, arus balik dari Karimunjawa relatif tidak ada masalah. Selain cuaca mendukung, perbedaan masa liburan juga mempengaruhi. Sehingga waktu keberangkatan mereka bisa bergiliran dan bisa dilayani oleh sarana kapal yang ada.

“Masalah lonjakan penumpang bisa terurai lantaran perbedaan masa libur. Ada pekerja yang mulai masuk kerja pada Senin (10/6/2109), kemudian memilih naik pada Minggu ( 9/6/2019). Sementara anak sekolah baru masuk Kamis (13/6/2019),” pungkasnya.

 

Reporter: Budi Erje
Editor: Ali Muntoha

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.