Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Jadi Penentu, Bawaslu Kudus Diminta Lebih Cermat di Sidang PHPU MK

0 95

MURIANEWS.com, Kudus – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Jawa Tengah meminta Bawaslu Kudus untuk lebih cermat dalam memberikan keterangan Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU). Pasalnya, Bawaslu merupakan ujung tombak untuk memberikan keterangan dalam persidangan di Mahkamah Konstitusi.

Ketua Bawaslu Jawa Tengah, M Fajar Subhi mengatakan, PHPU merupakan gawang akhir yang bisa ditempuh oleh peserta pemilu atas perselisihan mengenai penetapan perolehan suara hasil pemilu oleh KPU.

”Kedudukan peserta pemilu sendiri adalah pemohon. Sedangkan pihak KPU adalah sebagai termohon dalam PHPU di Mahkamah Konstitusi (MK),” katanya.

Sedangkan pengawas pemilu berkedudukan sebagai pemberi keterangan dalam permohonan yang sedang diperiksa di persidangan MK. Hal ini diatur dalam Peraturan Bawaslu Nomor 22 Tahun 2018 dan Peraturan Mahkamah Konstitusi Nomor 6 Tahun 2018.

Oleh karenanya Bawaslu harus cermat dalam memberikan keterangan secara menyeluruh. Baik dalam hal pencegahan, pengawasan, tindaklanjut hingga penyiapan bukti-bukti dukung lainnya.

Ia pun berpesan, jajaran Bawaslu Kudus untuk mempersiapkan seluruh keterangan tertulis sesuai dengan dalil yang dimohonkan dalam PHPU secara valid dan didukung dengan bukti-bukti pendukung.

“Dalam penyusunan keterangan, harus cermat, valid dan didukung dengan data dan fakta pengawasan,” terangnya dihadapan para Komisioner Bawaslu Kudus.

Senada juga diungkapkan oleh Anik Sholihatun Divisi Pengawasan Bawaslu Jawa Tengah. Ia mengharapkan agar data-data hasil pengawasan disiapkan dengan maksimal agar penyusunan keterangan menjadi mudah.

“Selain cermat dan didukung data, penyusunan redaksional keterangan harus mengungkap juga kronologi pangawasan yang dilakukan oleh pengawas pemilu,” tambahnya.

Sementara itu, Ketua Bawaslu Kudus, Moh Wahibul Minan bertekad untuk memaksimalkan dalam mempersiapkan dalam persidangan gugatan tersebut. Baik dalam data dan dokumen yang diperlukan dalam pemberian keterangan di sidang PHPU 2019 kali ini.

 

Reporter: Dian Utoro Aji
Editor: Supriyadi

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.