MURIANEWS.com
Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Puncak Syawalan, Diprediksi 10 Ribu Wisatawan Kunjungi Pantai Bandengan

0 202

MURIANEWS.com, Jepara- Pantai Bandengan Jepara, diperkirakan masih akan menjadi destinasi wisata favorit saat puncak Pekan Sawalan, Rabu (12/6/2019). Sejak sepekan lalu, kawasan wisata ini sudah mulai ramai didatangi wisatawan.

Manajer Objek Wisata Pantai Bandengan, Mat Chairom menyatakan, ada beberapa aspek yang akan menjadi fokus pelayanan di Pantai Bandengan. Aspek tersebut adalah soal kebersihan, kenyamanan dan keamanan.

Untuk tiga hal ini, pihaknya sudah melakukan kordinasi lintas sektoral dengan beberapa pihak.

Khusus keamanan, di luar dari koordinasi lintas sektoral, pihaknya secara khusus akan menyediakan petugas pengaman pantai. Sebanyak 7 orang yang akan bersiaga di atas perahu di batas paling luar kawasan mandi laut.

Mereka akan bertugas untuk menertibkan pengunjung yang berada di luar batas aman saat mandi laut.

“Untuk petugas pengamanan pantai, nanti akan kami sediakan khusus. Ada petugas yang mengawasi wisatawan yang mandi di pantai,” ujarnya Selasa (11/6/2019).

Pantai Bandengan Jepara sendiri, dalam pekan Syawalan ini sudah mendapatkan kunjungan dari puluhan ribu wisatawan. Sejauh ini, menurut Mat Chairom, jumlah kunjungan yang terbayak terjadi pada Sabtu akhir pekan lalu.

Saat itu jumlah pengunjung mencapai sekitar 8 ribu wisatawan. Jumlah itu berpuluh lipat kali dari jumlah kunjungan di hari biasa. Pada hari biasa, jumlah pengunjung paling banyak mencapai ratusan orang saja.

“Kalau hari ini, dibanding hari biasa memang lebih banyak. Tapi untuk ukuran pekan Syawalan, pengunjung hari ini kami kira tidak banyak. Tinggal besok pas puncak Syawalan, kita lihat bagaimana jumlah pengunjungnya,” terangnya.

Diprediksi oleh Mat Chairom, untuk jumlah kunjungan di Bandengan pada puncak Syawalan Rabu (12/6/2019), bisa mencapai 10 ribu pengunjung. Angka tersebut menurutnya jumlah maksimal yang mungkin bisa dicapai.

Jumlah pengunjung di Bandengan pada Pekan Syawalan diakuinya menurun dibanding tahun-tahun sebelumnya. Hal ini menurutnya terjadi karena saat ini di Jepara sudah ada banyak wisata pantai.

Sementara itu, Plt Bupati Jepara Dian Kristiandi dan beberapa pejabat terkait di Pemkab Jepara, Selasa (11/6/2019) melakukan pengecekan kesiapan pelaksanaan Pesta Lomban. Dian Kristiandi mendatangi Pantai Bandengan dan Pantai Kartini Jepara, yang merupakan destinasi wisata utama di Jepara.

Di Pantai Bandengan, Dian Kristiandi sempat berdialog dengan sejumlah wisatawan.

“Kami pikir semua sudah siap untuk keperluan Puncak Syawalan besok. Koordinasi untuk berbagai hal yang dibutuhkan untuk kelancaran dan kesuksesan kegiatan ini sudah dilakukan dengan baik,” ujar Dian Kristiandi.

Pada saat yang hampir bersamaan, rombongan Komisi A DPRD Jepara juga melakukan pengecekan ke beberapa objek wisata di Jepara. Mereka menyatakan tidak melihat ada kendala berarti dalam persiapan pelaksanaan kegiatan Puncak Syawalan di Jepara.

 

Reporter: Budi Erje
Editor: Ali Muntoha

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.