MURIANEWS.com
Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Tradisi Bulusan di Kudus Resmi Dibuka, Begini Suasananya

0 197

MURIANEWS.com, Kudus – Tradisi Bulusan tahun 2019 resmi dibuka, Selasa (11/6/2019). Tradisi tahunan yang digelar warga Desa Hadipolo, Kecamatan Jekulo itu dibuka oleh Kepala Desa setempat.

Pembukaan acara dilakukan secara sederhana dengan pelepasan balon. Setelah dilakukan pembukaan, kemudian dilanjutkan dengan berbagai kegiatan selama dua hari ke depan.

Kepala Desa Hadipolo Wawan Setiawan mengatakan, serangkaian acara tradisi Bulusan tahun 2019 resmi dibuka hari ini. Tradisi haul Mbah Dudo itu dijadwalkan digelar selama dua hari dengan dimeriahkan berbagai macam kegiatan hingga hiburan.

“Hari ini dimulai dengan pembukaan dan dilanjutkan berbagai macam kegiatan, dari perlombaan hingga malam tirakat haul Mbah Dudo,” katanya.

Para peserta lomba mewarnai TK/Paud se-Kabupaten Kudus di kompleks makam Mbah Dudo turut Desa Hadipolo Kecamatan Jekulo, Selasa (11/6/2019). (MURIANEWS.com/Dian Utoro Aji)

Ia mengatakan, adapun untuk puncak tradisi bulusan akan digelar pada Rabu (12/6/2019) besok. Direncanakan pada hari kedua besok akan ada kirab budaya kupatan yang akan dihadiri Bupati dan Wakil Bupati Kudus.

“Tradisi ini sudah ada sejak zaman wali hingga sekarang. Kalau di Kudus Kulon ada Dandangan, di sini (Kudus Wetan) ada Bulusan. Ini menandani berakhirnya bulan puasa dan awal bulan Syawal,” jelasnya.

Ketua Panitia Tradisi Bulusan Mursidi mengucapkan terima kasih kepada para peserta kegiatan perlombaan tradisi Bulusan tahun 2019. Untuk itu ia berharap, kegiatan ini bisa berjalan dengan lancar.

“Semoga kegiatan ini berjalan dengan tertib dan tidak ada masalah,” tandasnya.

Sebelumnya, festival budaya bulusan merupakan tradisi yang digelar masyarakat setempat setiap tanggal 8 Syawal. Hal ini dilakukan untuk menghormati leluhur atau haul Mbah Dudo.

 

Reporter: Dian Utoro Aji
Editor: Supriyadi

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.