MURIANEWS.com
Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Telan Dana Rp 15,3 T, Pembangunan Tol Semarang-Demak Segera Dimulai

0 4.025

MURIANEWS.com, Semarang – Pembangunan jalan tol Semarang-Demak dipastikan akan segera dilakukan pada tahun 2019 ini. Tol dengan panjang 27 kilometer itu dibangun dengan nilai investasi mencapai Rp 15,3 triliun dan ditargetkan beroperasi pada 2021 mendatang.

Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Jateng Sri Puryono mengatakan, pemenang lelang proyek tersebut sudah ditetapkan beberapa waktu lalu. Sehingga dalam waktu dekat, proses pembangunan bisa segera dimulai.

”Saat ini tahapnya memasuki sosialisasi rencana lokasi proyek jalan tol. Ini tidak serta merta meninggalkan rakyat, demikian pula rakyat tidak bisa semaunya sendiri, harus ada komunikasi,” kata Sri Puryono.

Ia menyebut, saat ini masih ada revisi tentang penetapan lokasi. Terlebih, proyek strategis ini menyangkut rencana zonasi sehingga perlu ada kesepakatan dengan masyarakat.

Dia menyebutkan, lahan yang terkena proyek strategis tersebut tidak terlalu luas atau hanya sekitar satu kecamatan yakni Sayung di Kabupaten Demak. Secara teknis Tol Semarang-Demak memiliki empat simpang susun yaitu Kaligawe, Terboyo, Sayung dan Demak.

“Total luas lahannya kami belum tahu pasti. Proyek strategis ini harus terus jalan dan harus jadi. Pembebasan lahan sedang dikomunikasikan,” ujarnya.

Jalan tol itu nantinya akan menjadi tanggul laut di pantai utara Kota Semarang hingga Kali Sayung Kabupaten Demak.

Menurutnya, tanggul laut yang membentang di sisi utara Semarang-Demak itu berfungsi untuk mengatasi banjir, rob dan penurunan permukaan tanah di Semarang Utara bagian timur, seperti di wilayah Kaligawe Semarang hingga Kecamatan Sayung, Demak.

Apalagi jalur tersebut selalu padat lalu lintas kendaraan baik antarkota maupun antarprovinsi.

”Tol Semarang-Demak dibangun untuk meningkatkan aksebilitas dan kapasitas jaringan jalan di kawasan utara Jawa,” pungkasnya.

 

Reporter: Ali Muntoha
Editor: Ali Muntoha

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.