Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

H+5 Lebaran, Makam Sunan Kudus Dipenuhi Peziarah

0 81

MURIANEWS.com, Kudus – Kompleks Masjid, Menara, dan Makam Sunan Kudus ramai dikunjungi peziarah pada hari H+5 lebaran, Senin (10/6/2019). Mereka memanfaatkan awal bulan Syawal untuk berziarah di makam salah satu Wali Songo tersebut.

Salah satu peziarah asal Kabupaten Demak, Sukardi mengatakan sengaja memanfaatkan momen awal Syawal untuk ziarah di Makam Sunan Kudus bersama rombongan. Apalagi, ziarah di makam Sunan Kudus sudah menjadi rutinitas setiap tahun.

“Memang rutin melakukan ziarah ke Makam Sunan Kudus. Kesempatan ini sebelumnya ziarah di Makam Sunan Kalijaga, kemudian di Makam Sunan Kudus, baru nanti di Makam Sunan Muria,” bebernya.

Senada juga diungkapkan oleh, Agus Subekti peziarah asal Singosari, Malang Jawa Timur. Ia bersama dengan rombongan sengaja melakukan ziarah pada awal bulan Syawal. Menurutnya, pada tahun ini ada delapan makam Sunan yang dikunjungi.

Para peziarah memadati kawasan Masjid, Menara, dan Makam Sunan Kudus, Senin (10/6/2019). (MURIANEWS.com/Dian Utoro Aji).

“Mulai dari Makam Sunan Ampel, Sunan Giri, hingga ini sampai di Sunan Kudus. Nanti masih ada rencana ziarah di Makam Sunan Kalijaga,” katanya.

Menurutnya, momen ini sangat tepat untuk berziarah di makam para Sunan. Ia pun berharap, bisa mendapatkan berkah dari para Wali Allah.

“Ya mendokan para wali, semoga mendapatkan berkah dari ziarah ini,” ungkapnya.

Sementara itu Busro Latif Bagian Pengatur Ziarah di Makam Sunan Kudus mengatakan, dari awal bulan Syawal hingga hari keenam ini banyak ziarah ke Kudus. Mulai dari Kudus sendiri, hingga luar dari Kudus.

“Pengunjung mulai 1 Syawal sampai ke 6 ini ramai. Banyak orang ziarah, mulai dari Kudus, dan luar pulau bahkan ada dari Jakarta,” jelasnya.

Menurutnya memang, lebaran ini dimanfaatkan untuk berziarah. “Karena ada sebagaian pas mudik, ziarah pas memang dari rumah ziarah ke Sunan Kudus,” tandasnya.

 

Reporter: Dian Utoro Aji
Editor: Supriyadi

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.