MURIANEWS.com
Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Hari Pertama Kerja Usai Libur Lebaran, Gubernur dan Wagub Keliling Salami PNS

0 2.024

MURIANEWS.com, Semarang – Hari pertama kerja usai libur dan cuti bersama Lebaran 2019 di Pemprov Jateng, Senin (10/6/2019) dimulai dengan apel pagi. Momen ini digunakan untuk saling bermaaf-maafan antara para ASN dengan gubernur dan wakil gubernur.

Namun tak seperti biasanya, jika di tempat lain para ASN harus antre untuk bersalaman dengan pimpinan mereka, di Pemprov Jateng justru gubernur dan wakil gubernur yang menghampiri satu persatu bawahan mereka.

Gubernur Ganjar Pranowo dan Wagub Taj Yasin Maimoen, serta Sekda Sri Puryono mengelilingi para ASN yang berbaris memanjang di depan kantor gubernuran.

Cara para pegawai negeri itu bersalaman kepada Ganjar dan Taj Yasin pun tampak berbeda. Jika kepada Ganjar, para ASN salaman sambil menundukkan kepala. Kepada Taj Yasin, mereka menyalami sambil mencium tangan.

Budaya bersalaman sambil mencium tangan itu dilakukan karena Gus Yasin, sapaan akrab Taj Yasin, juga dikenal sebagai kiai sekaligus putra ulama kharismatik KH Maimoen Zubair. “Biar dapet barokah,” kata salah seorang ASN.

Usai apel pagi, para pimpina Pemprov Jateng ini juga menggelar open house yang dibuka untuk masyarakat umum. Sebelumnya, Ganjar juga menggelar open house di tiga daerah. Yakni di Purbalingga, Kutoarjo dan Karanganyar.

“Yang sifatnya pribadi kita lakukan di tiga lokasi itu, karena ada hubungan emosional. Sementara untuk Senin kami undang seluruh masyarakat Jateng,” kata Ganjar.

Ia menyebut mendapat banyak pertanyaan dari masyarakat kapan open house akan digelar di Semarang, sehingga acara rutin tahunan itu tetap digelar. Selain itu, kegiatan itu juga bisa digunakan sebagai ajang warga untuk menyampaikan aspirasinya kepada para pejabat.

“Masyarakat bisa datang untuk bersilaturahmi, bisa berselfie, atau menyampaikan pesan secara langsung dan terbuka. Mudah-mudahan menjadi satu titik masyarakat bisa bertemu dengan pamongnya, sehingga bisa menyampaikan sesuatu yang ingin diungkapkan,” terangnya.

 

Reporter: Ali Muntoha
Editor: Ali Muntoha

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.