MURIANEWS.com
Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Libur Lebaran, Juru Foto Menara Kudus Raup Omzet Rp 800 Ribu Per Hari

0 611

MURIANEWS.com, Kudus – Membludaknya wisatawan yang memadati komplek wisata Menara Kudus, membuat juru foto menara kebanjiran rezeki. Dalam sehari, mereka bahkan bisa mengantongi Rp 800 ribu dari para wisatawan yang ingin mengabadikan momennya secara spesial.

Hanya, jumlah tersebut pendapatan kotor atau omzet. Mengingat masih ada biaya-biaya produksi untuk mencetak foto serta kebutuhan-kebutuhan lainnya.

Yanto, salah satu juru foto menara mengatakan, dari omzet tersebut, pendapatan bersih yang diterima mencapai Rp 400 ribu. “Libur lebaran memang sangat ramai. Alhamdulillah sehari omzetnya bisa sampai Rp 800 ribu. Tapi kalau labanya ya separuhnya, Rp 400 ribu,” ucapnya.

Ia menjelaskan, komplek menara sendiri telah ramai dikunjungi sejak H-1 lebaran pada Rabu (5/6/2019) pekan lalu. Sedang puncaknya pada H+3 sampai H+5 lebaran. Di hari tersebut, satu juru foto bahkan bisa mengumpulkan Rp 1 juta per harinya.

“Ada yang dapat jumlah tersebut kemarin.” Lanjutnya.

Baca Juga: 

Hanya, keahlian juru foto dalam melobi dan menawarkan jasa pada paraa wisatawan sangat diperlukan dalam hal ini. Mengingat tidak semua wisatawan mau menggunakan jasa dari para juru foto.

“Harus pintar menawarkan dan tentunya sopan,” terangnya.

Soal tarif, Yanto mengaku tak ada perubahan dari hari-hari biasa. Ia tidak ingin memanfaatkan momen dan menaikkan harga jasanya. Tarif jasa Yanto tetap berada di angka Rp 10 ribu untuk satu foto ukuran 5R, Rp 20 ribu untuk satu foto ukuran 10R, dan Rp 40 ribu untuk satu foto ukuran 20R.

“Sama seperti hari-hari biasa,” jelasnya.

Terkait kendala, Yanto mengatakan arus lalu-lintas di depan menara cukup padat. Pihaknya cukup kesusahan jika harus menjepret sekali bagus. Seringkali Yanto mengulang jepretannya untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

“Sekalipun hanya juru foto, kami akan profesional soal hasil gambar,” tekannya.

Sementara Rini, salah satu pengguna jasa juru foto menara mengatakan, hasil jepretan dari para juru foto cukup bagus. Harga yang ditawarkan juga cukup terjangkau. Sehingga Ia memilih menggunakan jasa dari juru foto selain menggunakan smartphone miliknya untuk mengabadikan momen liburan.

“Untuk kenang-kenangan kami,” tandas wanita asal Bogor tersebut.

 

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Supriyadi

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.