MURIANEWS.com
Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Puncak Libur Lebaran, Pengamanan Wisata Pantai di Jepara Diperketat

0 201

MURIANEWS.com, Jepara- Sejumlah objek wisata pantai di Jepara mendapatkan perhatian dari Pemkab Jepara. Memasuki puncak liburan Idul Fitri yang akan berlangsung pada H+7, pengawasan di sejumlah objek wisata pantai ditingkatkan.

Kepala Pelaksana (Kalak) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jepara, Arwin Noor Isdianto menyatakan, semua persiapan sudah dilakukan. Bagi masyarakat Jepara, H+7 Idul Fitri justru merupakan puncak dari perayaan Idul Fitri. Sehingga langkah antisipasi harus dilakukan dengan terencana.

Sejak H-1 Idul Fitri, beberapa posko pengawanan wisata pantai sudah dioperasikan hingga nanti H+7. Posko utama didirikan di Pantai Bandengan Jepara, yang merupakan destinasi utama wisata pantai di Jepara.

“Posko tenda hanya didirikan di Pantai Bandengan. Sedangkan yang lainnya akan menggunakan mobil dan terhubung dengan jaringan komunikasi secara intens,” ujar Arwin Noor Isdianto, Minggu (9/6/2019).

Secara keseluruhan, semua posko termasuk yang berwujud mobil dilengkapi dengan perahu karet, peralatan penyelamatan dan peralatan medis. Semua objek wisata pantai yang dikelola pemerintah maupun masyarakat, akan disediakan satu posko pengamanan wisata.

Untuk Posko Mobil akan ditempatkan di sejumlah lokasi wisata pantai di Jepara. Di antaranya di Pantai Karangkebaguasan, Pantai Kartini, Pantai Bandengan, Pantai Blebak, Pantai Pailus, Pantai Empu Rancak, Pantai Bondo, dan Pantai Benteng Portugis.

“Kami memang sengaja menyediakan posko mobil agar bisa lebih efektif dan efisien dalam melakukan penanganan terhadap kemungkinan terjadinya peristiwa kecelakaan, utamanya di air,” jelas Arwin Noor Isdiyanto.

Di Posko Mobil akan melibatkan unsur-unsur relawan yang ada. Semua akan terhubung melalui jaringan komunikasi yang intens setiap waktu. Semua sudah diatur penempatannya dan siap memberikan dukungan satu dengan yang lainnya.

Sementara itu, Polres Jepara juga melakukan sejumlah langkah antisipasi terkait dengan puncak liburan Idul Fitri di Jepara. Hari Rabu (12/6/2019) adalah puncak Acara Syawalan di Jepara. Diperkirakan puluhan ribu masyarakat akan memenuhi sejumlah lokasi wisata yang ada.

Kapolres Jepara AKBP Arif Budiman menyatakan telah menyiapkan personelnya untuk keperluan ini. Secara bergilir, Polres Jepara sudah memberikan penugasan untuk 65 orang personel. Jumlah tersebut belum termasuk personil lain dari TNI, Satpol PP dan Tim Kesehatan.

“Pada hari H nanti, tentu jumlah personelnya akan bertambah. Semua sudah disiapkan termasuk pengaturan arus lalulintas di beberapa obyek wisata utama,” ujar AKBP Arif Budiman, Minggu (9/6/2019).

 

Reporter: Budi Erje
Editor: Ali Muntoha

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.