MURIANEWS.com
Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

H-1 Lebaran Harga Sembako di Pati Baru Merangkak Naik

0 89

MURIANEWS.com, Pati – Sehari menjelang perayaan hari raya Idul Fitri 1440 H, harga sejumlah kebutuhan pokok di pasar tradisional mulai merangkak naik. Hal itu lantaran banyak permintaan dari masyarakat, terutama untuk persiapan Lebaran.

Untuk mengetahui kenaikan sejumlah sembako tersebut, pihak Satgas Pangan dan tim gabungan Polres Pati melakukan Inspeksi mendadak (sidak) di Pasar Puri Baru, Selasa (4/6/2019). Hal itu untuk mengantisipasi terjadinya lonjakan harga sembako.

Kasat Reskrim Polres Pati AKP Yusi Andi Sukmana mengatakan, secara keseluruhan harga sembako tergolong stabil. Hanya ada beberapa komoditas yang mengalami kenaikan.

“Untuk harga yang naik seperti bawang merah, bawang putih, cabai rawit merah, cabai rawit hijau dan cabai rawit merah,” katanya.

Dirinya menambahkan, untuk harga bawang merah saat ini sudah Rp 27.000 per kilogram dari sebelumnya Rp 25.000 per kilogram. Bawang putih kating seharga Rp 38.000 per kilogram dari sebelumnya Rp 35.000 per kilogram.

Sedangkan untuk bawang putih sin chun juga mengalami kenaikan hingga Rp 34.000 per kilogram dari sebelumnya Rp 33.000 per kilogram.

Komoditas lain seperti cabai merah besar juga mengalami kenaikan, yakni dari Rp. 34.000 per kilogram, saat ini menjadi Rp 35.000 per kilogram. Begitu juga dengan cabai rawit hijau yang mengalami kenaikan hingga Rp 2000 per kilo gramnya, yakni Rp. 27.000. Hal yang sama juga terjadi pada cabai rawit merah.

“Untuk ketersediaan bahan kebutuhan pokok di wilayah Kabupaten Pati menjelang Hari Raya Idul Fitri, masih mencukupi. Belum ditemukan adanya penimbunan maupun kelangkaan barang di pasaran,” pungkasnya.

 

Reporter: Cholis Anwar
Editor: Ali Muntoha

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.