MURIANEWS.com
Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Pemudik Bisa Pantau Lalu Lintas di Jepara Secara Real Time Lewat Ini

0 350

MURIANEWS.com, Jepara – Masyarakat bisa memantau situasi jalan raya di beberapa titik di wilayah Kabupaten Jepara melalui CCTV (Closed Circuit Television) secara online. Layanan CCTV ini disediakan oleh Pemkab Jepara melalui website http://cctv.jepara.go.id/.

Kabid Informatika di Dinas Komunukasi dan Informasi (Diskominfo) Jepara, Setyanto SH., menyatakan ada 24 CCTV yang dipasang di beberapa titik strategis. Masyarakat bisa mengaksesnya secara online selama 24 jam penuh.

Sebagian CCTV memang diarahkan untuk mengamati situasi di jalan raya di beberapa titik. Namun diakui ada beberapa yang kadang tidak berfungsi atau menampilkan gambar. Hal itu dikarenakan jaringan internet yang tidak stabil. Pihaknya sudah melakukan beberapa upaya untuk bisa mengaktifkannya.

“Sebenarnya CCTVnya tidak mati, tapi mengalami blue screen. Artinya koneksi internetnya yang tidak stabil atau tidak online. Sehingga tidak bisa diakses secara online. Kami akan coba perbaiki secepatnya,” ujar Setyanto, Senin (3/6/2019).

Kapolres Jepara AKBP Arif Budiman, memantau situasi di beberapa titik wilayah Jepara melalui jaringan CCTV di Pos Pelayanan Avenger Polres Jepara. (MURIANEWS.com / Budi Erje)

Sementara itu, berkaitan dengan masa Lebaran saat ini, keberadaan CCTV milik Pemkab Jepara tersebut akhirnya dimanfaatkan oleh Polres Jepara. Kapolres Jepara AKBP Arif Budiman secara terpisah menyatakan, fasilitas CCTV tersebut akan dikoneksikan dengan jaringan daring Mabes Polri.

Namun demikian, tidak semua CCTV yang ada dikoneksikan ke jaringan Mabes Polri. Hanya ada lima koneksi CCTV yang dihubungkan ke fasilitas video conference, di Posyan SCJ Jepara. Lima CCTV itu berada di titik-titik aktivitas lalu lintas paling ramai dan vital.

“Ada lima CCTV yang kami pilih karena letaknya yang strategis. Lalu kami koneksikan ke jaringan Mabes Polri, dimana untuk fasilitasnya kami pasang di Pos Pelayanan di SCJ Jepara,” ujar AKBP Arif Budiman.

Dengan terkoneksinya CCTV dengan jaringan Mabes Polri tersebut, maka untuk situasi visual di 5 titik yang ada di wilayah Jepara bisa dipantau secara langsung. Visual yang dikirimkan melalui CCTV di 5 titik, bisa dipantau secara langsung di Mapolda Jawa Tengah, ataupun Mabes Polri di Jakarta.

Pemanfaatan tekhnologi ini diharapkan bisa semakin memberi kelancaran dan kenyamanan masyarakat saat berlebaran. Di Pos Pelayanan Avengers Polres Jepara, juga dilengkapi dengan fasilitas teleconference jarak jauh.

“Semua polres melengkapi fasilitas teleconference saat ini. Sehingga baik Kapolda ataupun Kapolri bisa bertanya langsung tentang situasi dan kondisi di daerah, dengan para Kapolres,” pungkasnya.

 

Reporter: Budi Erje
Editor: Ali Muntoha

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.