Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Hari Lahir Pancasila, Bupati Haryanto Tekankan Toleransi

0 85

MURIANEWS.com, Pati – Bupati Pati Haryanto bersama mempimpin Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila di halaman Setda Pati, Sabtu (1/6/2019). Dalam kesempatan tersebut, Haryanto mengingatkan betapa kelahiran Pancasila mempunyai sejarah panjang dan penuh perjuangan.

Bahkan menurut dia, eksistensi Indonesia hingga saat ini tak lepas dari keberadaan Pancasila.

“Pancasila sebagai dasar, ideologi negara dan pandangan hidup bangsa  yang digali oleh para pendiri bangsa merupakan suatu anugerah yang tiada tara dari Tuhan. Walaupun kita sebagai bangsa masih belum  secara sempurna berhasil merealisasikan nilai-nilai Pancasila,” katanya.

Menurut dia, berkat Pancasila yang berkelindan dengan nilai-nilai inklusivitas, tolerensi dan gotong royong keberagaman yang ada menjadi suatu berkah. Berkat Pancasila sebagai bintang penuntun keberagaman yang ada dapat dirajut menjadi identitas nasional  dalam wadah dan Bhinneka Tunggal Ika.

“Kita bersatu membangun bangsa untuk merealisasikan tatatan kehidupan masyarakat yang rukun, damai, adil dalam kemakmuran dan makmur dalam keadilan. Kita Indonesia, Kita Pancasila,” ujarnya.

Ditegaskan pula, melalui peringatan hari kelahiran Pancasila 1 Juni 2019, Pancasila perlu dijadikan sebagai sumber inspirasi politik harapan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

“Kita semua harus terus menerus secara konsisten  merealisasikan Pancasila  sebagai dasar negara, ideologi Negara dan pandangan dunia yang dapat membawa kemajuan dan kebahagiaan  seluruh bangsa Indonesia,” tandasnya.

 

Reporter: Cholis Anwar
Editor: Ali Muntoha

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.