MURIANEWS.com
Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Pemprov Jateng Pastikan Bakal Gelar OP Jika Harga Sembako Meroket

0 31

MURIANEWS.com, Semarang – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Tengah memastikan akan melakukan intervensi pasar jika terjadi lonjakan harga sembako di pasaran. Intervensi yang bakal dilakukan yakni dengan melakukan operasi pasar (OP).

Namun hingga saat ini menurut Gubernur Jateng Ganjar Pranowo, dari laporan yang diterima harga sembako di sejumlah daerah masih cenderung stabil. Stabilinya harga sembako ini juga dilihatnya saat melakukan pantauan ke Pasar Karangayu, Kota Semarang, Jumat (31/5/2019).

”Jika sewaktu-waktu terjadi lonjakan harga, pemprov akan menggelar OP untuk menekan harga agar kembali stabil,” katanya.

Ia meyebut, sejumlah harga kebutuhan pokok masih cenderung stabil. Bahkan beberapa komoditas yang sebelumnya mengalami kenaikan tajam kini sudah menurun.

“Daging sapi meski ada yang menjual sampai Rp 116 ribu, tetapi kebanyakan menjual dengan harga Rp 110 ribu (per kilogram). Soal ramai-ramai bawang kemarin, saat ini tidak ada masalah. Stok juga aman,” jelasnya.

Ini juga dibenarkan sejumlah pedagang di Pasar Karangnyu. Sri Suwarni (54) pedagang daging di pasar tersebut menyatakan, harga daging ayam kampung yang biasanya antara Rp 32 ribu hingga Rp 34 ribu kini hanya naik menjadi Rp 36 ribu per kilogramnya.

Harga daging kambing antara Rp 115 ribu hingga Rp 120 ribu per kilogramnya. Daging sapi, pada kisaran harga Rp 110 ribu per kilogramnya.

“Kenaikan harga daging ayam maupun sapi tidak terlalu. Kalau saya bilang, cenderung stabil seperti bulan-bulan lalu yang bukan Lebaran. Karena, stoknya memang aman, alias selalu ada,” terangnya.

Sementara itu, harga beras menurut pedagang sembako, Lasmi (60), disebutkannya nyaris tidak ada kenaikan. Karena kenaikan angkanya terlalu kecil. Antara Rp1.500 sampai Rp5.000 saja.

“Misalnya gula pasir. Sebelumya Rp 11 ribu. Naik menjadi Rp 12.500 (per kilogram). Beras mentik wangi, Rp 12 ribu. Kacang, minyak goreng, tepung, tidak ada kenaikan harga. Malah memasuki H-5 ini, pembelinya sepi,” pungkasnya.

 

Reporter: Ali Muntoha
Editor: Ali Muntoha

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.