MURIANEWS.com
Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Layanan Kesehatan di Jepara Buka 24 Jam Selama Lebaran

0 57

MURIANEWS.com, Jepara- Pelayanan Kesehatan di Kabupaten Jepara akan tetap membuka layanan seperti biasa, di masa libur Lebaran Idul Fitri 2019. Dinas Kesehatan Kabupaten Jepara, sudah menginstruksikan untuk semua unit pelayanan kesehatan bisa memberikan layanan 24 jam penuh.

Kepala Dinas Kesehatan Jepara Mudrikatun menyatakan, selain puskesmas dan rumah sakit, intruksi tersebut juga berlaku untuk klinik-klinik kesehatan. Semua diminta untuk membuka layanan penuh seperti biasanya.

“Seluruh puskesmas, baik yang berada di jalur mudik atau tidak, baik yang membuka rawat inap atau tidak, semuanya tetap diinstruksikan membuka layanan seperti biasanya. 24 Jam penuh harus bisa diakses masyarakat,” ujar Mudrikatun, Jumat (31/5/2019).

Di Kabupaten Jepara sendiri ada 21 puskesmas termasuk di Karimunjawa. Untuk bisa membuka layanan penuh, tiap unit pelayanan diminta membuat sistem kerja bagi para pegawainya.

Para petugas kesehatan seperti dokter dan perawat juga diminta siaga berdasarkan sistem piket.

Meskipun dalam suasana Lebaran, para petugas kesehatan tetap harus siap memberikan pelayanan. Selain itu, bidan-bidan yang membuka praktik mandiri juga sudah dikondisikan untuk bisa bersiaga dalam suasana Lebaran nanti.

“Semua sudah kami persiapkan dan koordinasikan. Pelayanan kesehatan tetap harus tersedia pada saat suasana Lebaran berlangsung. Mudah-mudahan semua berjalan lancar,” tambah Mudrikatun.

Sementara itu Direktur RSUD Kartini Jepara, Dwi Susilowati menyatakan pihaknya akan membuka layanan seperti hari-hari biasa. Petugas dan pegawai RSUD Kartini Jepara sudah disiagakan selama masa libur Lebaran ini.

Baik layanan rawat inap maupun gawat darurat tetap akan dibuka seperti hari-hari biasa. Pegawai dan petugas kesehatan yang ada akan dioptimalkan untuk tetap bisa memberikan pelayanan ini di tengah suasana Lebaran.

“Untuk pegawai akan kami atur sedemikian rupa sehingga tetap bisa memberikan pelayanan. Kalau biasanya dia bertugas satu kali, maka kami atur untuk jadi dua kali. Demikian juga petugas kesehatannya,” terangnya.

Meski demikian Dwi Susilowati mengakui ada sejumlah layanan yang tetap libur pada masa cuti bersama pegawai. Layanan yang libur tersebut adalah pada layanan poliklinik spesialis. Semua akan berlangsung seperti semula pada 8 Juni 2019 nanti.

 

Reporter: Budi Erje
Editor: Ali Muntoha

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.