Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Mudik Lewat Kudus, Tak Lengkap Kalau Tak Bawa Oleh-oleh Jenang Khas Kudus

MURIANEWS.com, Kudus – Arus mudik mulai ramai di jalan Pantura. Terutama di pantura Kabupaten Kudus. Namun, rasanya tak lengkap apabila tidak membawa oleh-oleh khas di Kota Kretek ini.

Ya seperti di sepanjang jalan lingkar pantura Kudus. Para pemudik bisa membawa oleh-oleh khas Kudus. Yakni jenang Kudus.

Salah satunya pusat oleh-oleh yang terletak di tepi jalur lingkar pantura Kudus di antaranya adalah Barokah 55. Pusat oleh-oleh ini mengklaim menyediakan aneka jajanan khas buatan sendiri.

Eli Munawaroh (22) pengelola Toko Barokah 55  saat ditemui di tokonya menjelaskan, menjelang musik mudik pihaknya telah menyiapkan untuk jajan khas Kudus. Terutama jenang Kudus.

“Ini kami sudah menyediakan makanan khas Kudus. Seperti ini kami ada berbagai jenis makanan khas Kudus seperti jenang Kudus,” katanya kepada awak media.

Ia mengatakan, ada berbagai macam jenis jenang Kudus yang ia buat sendiri. Mulai dari berbagai rasa seperti durian, susu, stroberi, melon, hingga intip jenang dan madu mongso. Makanan khas Kudus ini dijajakan dengan berbagai kemasan menarik.

“Harganya terjangkau. Untuk kemasan yang kecil itu harganya Rp 5 ribu. Lalu untuk kemasan parcel berisikan 10 aneka jenang harganya ada yang Rp 160 ribu,” jelasnya.

Diperkirakan H-3 hingga H+7 lebaran akan ramai pembeli. Mengingat lokasi toko yang berada di pantura Kudus.

“Diperkirakan nanti akan lebih ramai. Seperti musim mudik lebaran tahun sebelumnya,” ungkapnya.

Senada juga dirasakan penjual makanan khas Kudus lainnya. Seperti Toko Oleh-Oleh ‘Family Ceria’, Kalimah (40) di tepi jallur pantura samping Terminal Induk Jati Kudus. Menurutnya, pihaknya sudah mulai menyiapkan stok untuk Lebaran beberapa hari terakhir.

“Ada stok tambahan untuk lebaran tahun ini. Karenanya biasa saat mudik ramai,” katanya.

Ia mengatakan, ada beberapa varian oleh-oleh di tokonya. Mulai dari jenang aneka rasa, dodol, wajit, dan lainnya.

“Harganya dari Rp 30 ribu atau lebih, tergantung kemasan dan rasa. Untuk menuju toko ini, pemudik bisa menemuinya di samping Terminal Bus Induk Jati Kudus. Di sebelah sisi timurnya,” pungkasnya.

 

Reporter: Dian Utoro Aji
Editor: Supriyadi

Comments
Loading...