Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Polres Kudus Larang Masyarakat Main Petasan saat Lebaran

MURIANEWS.com, Kudus – Kepolisian Resor (Polres) Kudus mengimbau kepada seluruh masyarakat Kota Kretek agar tidak bermain petasan/mercon saat menjelang lebaran atau sesudahnya. Faktor keamanan serta keselamatan bersama adalah hal yang melandasi pelarangan tersebut.

Kapolres Kudus AKBP Saptono mengatakan pihaknya bersama pemerintah daerah telah sepakat untuk tidak memperbolehkan adanya mercon yang dinyalakan pada siang atau malam hari. Terutama menjelang malam takbir.

“Biasanya itu kerap dijumpai saat lebaran,” ucapnya.

Pihaknya juga tak segan untuk menindak para penyala mercon terutama berskala ledak besar yang nekat dinyalakan di tempat-tempat umum. Hal tersebut dirasa sangat mengganggu kenyamanan dan kondusifitas bersama.

“Jangan sampai menyalakan di fasilitas umum,” tegasnya.

Selain penyalaan mercon, takbir keliling juga diharapkan dilaksanakan secara lokal saja. Dalam artian tidak usah sampai keliling Kota Kretek. Takbir keliling disarankan hanya sebatas di jalan-jalan desa saja.

“Kami imbau dilaksanakan lokal saja,” ucap Saptono.

Senada, Bupati Kudus HM Tamzil juga mengharapkan masyarakatnya lebih berhati-hati jika bermain petasan/mercon. Bahkan, pihaknya menyarankan untuk tidak usah menyalakan atau bermain mercon. Terutama di tempat-tempat padat pemukiman atau rawan terbakar.

“Jangan bermain mercon,” imbau Tamzil.

Takbir keliling juga diharapkan bisa dilaksanakan dalam skala kecil saja. Faktor kelancaran lalu lintas jadi pertimbangan. Mengingat arus mudik masih terjadi pada H-1 lebaran, terutama pada Kota Kretek.

“Kalau di masjid boleh sampai pagi tidak apa-apa,” tandas Tamzil.

 

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Supriyadi

Comments
Loading...