Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Pemkab Kudus Manfaatkan Bangunan Eks Sekolah Rakyat Jadi Pusat Informasi Publik

MURIANEWS.com. Kudus – Bangunan eks sekolah rakyat di kompleks pendopo Kabupaten Kudus bakal difungsikan menjadi pusat informasi publik. Meskipun demikian, bangunan sebagai cagar budaya (BCB) itu tetap dipertahankan bentuknya.

Bupati Kudus HM Tamzil mengatakan, pemerintah Kabupaten Kudus berencana memfungsikan bangunan eks sekolah rakyat sebagai pusat informasi publik. Bahkan menurutnya, rencana tersebut sudah di cita-citakan sejak dulu.

“Kami memang memiliki cita-cita memiliki bangunan kuno yang bisa dijadikan salah satu ikon bangunan bersejarah. Selain itu juga menjadi edukasi bagi masyarakat di Kota Kudus serta bisa dimanfaatkan untuk kepentingan publik,” katanya.

Ia mengatakan, bangunan tersebut diakui sudah tidak terpakai lama. Oleh karena itu, pihaknya berencana untuk melakukan perbaikan untuk dipercantik. Sehingga nantinya pantas untuk dijadikan pusat informasi publik.

“Kami rencanakan lokasi tersebut juga akan dijadikan media center serta command center,” katanya.

Tamzil menjelaskan, rencananya nanti akan dilengkapi fasilitas internet gratis. Selain itu juga nantinya tersedia cafetaria yang bisa diakses oleh masyarakat luas.

“Kami juga nantinya akan disediakan lahan parkir yang cukup luas dan bisa dijadikan tempat parkir untuk acara di Masjid Agung Kudus maupun acara di Alun-alun Kudus,” ujarnya.

Sebelumnya, di era pemerintahan terdahulu bangunan tersebut sempat akan dibongkar. Hanya, tim ahli cagar budaya Jawa Tengah tidak memberikan rekomendasi. Dengan alasan masih layak dipertahankan.

Bangunan eks Sekolah Rakyat tersebut sebelumnya pernah dijadikan kantor Disdukcapil Kudus, kantor Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), dan Kantor Sekretariat Badan Amal Zakat Infaq dan Shodaqoh Kudus.

 

Reporter: Dian Utoro Aji
Editor: Supriyadi

Comments
Loading...