Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Kudus Duduki Peringkat 12 UNBK SMP se-Jateng

0 1.507

MURIANEWS.com, Kudus – Pengumuman hasil Ujian Nasional Berstandart Komputer (UNBK) tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Kabupaten Kudus telah rampung dilaksanakan. Secara keseluruhan, Kudus hanya mampu menduduki peringkat 12 di Jawa Tengah.

Dari 7.815 peserta yang mengikuti UNBK, nilai rata-rata siswa hanya mampu memperoleh 49,76 saja. Terpaut 10 persen lebih dengan Kota Magelang yang meraih peringkat pertama dengan meraih nilai rata-rata 59,83.

Perolehan nilai UNBK dengan rata-rata tertinggi di Kabupaten Kudus diraih oleh SMP 1 Kudus dengan perolehan nilai rata-rata 345,94. Sedang pada urutan kedua, diduduki SMP 2 Kudus dengan nilai rata-rata 319,11 dan SMP Masehi Kudus memperoleh nilai rata-rata 293,31.

Kepala Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga Kudus Joko Susilo melalui Kasi Kurikulum Djamin menyatakan secara Kabupaten, Kudus memang alami peningkatan. Hanya secara keseluruhan, yakni di Provinsi, Kudus mengalami penurunan.

“Kita memang sedikit menurun tahun ini,” jelasnya.

Penyebab penurunan dikarenakan tingkat kesulitan soal pada UNBK lalu. Selain itu motivasi siswa yang kurang juga dirasa jadi penyebab menurunnya nilai rata-rata yang didapatkan siswa di Kota Kretek.

“Kami melihat ada penurunan motivasi,” lanjutnya.

Djamin menjelaskan, penurunan motivasi para siswa disebabkan karena mereka mengerti nilai UNBK tidak menjadi patokan utama dalam seleksi Pendaftaran Peserta Didik Baru (PPDB) pada  jenjang SMA .

“Sedang untuk pendaftaran SMK, nilai tetap akan jadi pertimbangan,”kata Djamin.

“Berbeda dengan SMK masih menjadi pertimbangan, tetapi para siswa dimungkinkan banyak yang masuk SMA,” ujarnya.

Djamin menambahkan, untuk hasil ujian sekolah berstandar nasional (USBN) di tingkat SD akan diumumkan Rabu (12/6/2019) mendatang. Sedang pendaftaran PPDB tingakt SMP akan dimulai Senin (17/6/2019) mendatang.

“Jadwal sudah ada, tinggal menyesuaikan,” tandasnya.

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Supriyadi

Ucapan Idul Fitri 1441 H Banner Bawah PC

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.