Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Perlindungan Pasar Rakyat di Pati Kini Punya Payung Hukum

MURIANEWS.com, Pati – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) bersama Pemerintah Kabupaten Pati melakukan persetujuan bersama terhadap sejumlah peraturan daerah (Perda) dalam rapat paripurna, Rabu (29/5/2019). Raperda itu tentang penataan pasar rakyat dan toko modern, serta raperda perseroda untuk bank daerah.

Perda tentang Penataan Pasar Rakyat dan Toko Modern menjadi salah satu yang mendapat perhatian. Sebab raperda tersebut setidaknya telah bergulir sejak 2017 lalu. Namun baru selesai tahun ini.

”Ya tentu ada banyak penyesuaian di lapangan tentang raperda tersebut. Kami tidak bisa mengubah begitu saja. Sama-sama diayomi. Apalagi keberadaan toko modern ini juga berdampak positif. Misalnya dari sisi penyerapan tenaga kerja dan juga kerja sama yang melibatkan warga Pati. Dengan hadirnya perda itu nanti kami akan lebih selektif lagi dan tentunya perhatian kepada pasar rakyat bisa lebih,” terang Bupati Pati Haryanto.

Sementara itu, untuk Perda Perseroda, menjadi yang mendesak untuk segera diundangkan. Melihat aturan perundang-undangan yang mengamanatkan untuk perusahaan daerah beralih bentuk hukum menjadi PT.

”Sesuai tata kelola perusahaan profesional. Dengan itu akan memaju kemandirian perusahaan daerah untuk semakin meningkatkan keuntungan sebagai sumber PAD,” pungkasnya.

Ketua DPRD Pati Ali Badrudin memimpin langsung rapat paripurna yang dihadiri sejumlah 37 anggota dewan, dan beberapa undangan dari OPD se-Kabupaten Pati tersebut.

”Akhirnya, dua raperda yang digodok bersama oleh unsur dewan dan dinas teknis atau eksekutif sudah selesai dan dapat disetujui menjadi perda. Semoga lahirnya perda ini memberi dampak baik kepada kemajuan Kabupaten Pati yang muaranya untuk kesejahteraan masyarakat Pati sendiri,” tutupnya.

 

Reporter: Cholis Anwar
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...