Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Diserbu Warga, Pasar Murah di Alun-alun Kudus Ludes dalam 2 Jam

0 111

MURIANEWS.com, Kudus – Tak lebih dari dua jam, sembako murah yang disediakan Dinas Perdagangan dalam acara Pasar Murah di Alun-alun Kudus ludes diserbu warga Kota Kretek. Mereka, bahkan rela antre satu jam sebelum acara tersebut dibuka oleh Bupati Kudus, HM Tamzil, Rabu (29/5/2019) pagi.

Kepala Dinas Perdagangan Kabupaten Kudus Sudiharti mengatakan, jika pasar murah memang difasilitasi untuk warga di Kudus yang ingin membeli sembako murah. Apalagi harga sembako di pasaran mulai menunjukkan kenaikan.

“Kami gelar untuk masyarakat Kudus,” ucapnya.

Adapun sembako yang dijual antara lain, beras 5 kg seharga Rp 35 ribu, minyak goreng Rp 10 ribu per liter, hingga gula pasir yang dijual dengan harga Rp 10 ribu per kilogram.

“Harga tersebut kami subsidi, besaran subsidi yakni Rp 2,5 ribu sampai Rp 3 ribu,” ucapnya.

Kendati hanya berlokasi di satu tempat saja, pihaknya berharap, pasar murah bisa meringankan beban masyarakat terkait ketersediaan sembako. Hanya, tahun depan, pihaknya akan mengupayakan pasar murah digelar di tiap kecamatan.

“Kami evaluasi untuk kami perbaiki kedepannya,” tandasnya.

Senada, Bupati Kudus HM Tamzil mengharapkan adanya peningkatan pada gelaran pasar murah tahun depan. Dengan harapan jangkauan pasar murah ke masyarakat Kudus bisa semakin luas.

“Jadi tidak hanya dipusatkan di Alun-alun saja,” tandasnya.

Kendati demikian, pihaknya berharap masyarakat bisa menikmati sembako murah yang telah disubsidi oleh Dinas Pergadangan. Menurut Tamzil, pasar murah merupakan satu komitmen dari pemkab terkait penyedian barang murah.

“Ini bentuk komitmen kami, kedepan akan kami sempurnakan,” tandasnya.

Sementara Rosalia, warga Kecamatan Jati mengaku cukup tebantu dengan adanya pasar murah. Walaupun panas, pihaknya tetap bersemangat untuk mengantri guna mendapatkan paketan sembako murah tersebut.

“Tidak masalah panas,” tandasnya.

Selain sembako seperti beras, gula, dan minyak goreng, setidaknya ada 20 stan yang memeriahkan pasar murah tersebut. Berbagai aneka makanan serta kebutuhan sandang juga terseedia. Mengingat beberapa pasar swalayan ternama turut andil dalam gelaran tersebut yang juga menurunkan harga pasarannya.

 

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Supriyadi

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.