Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

PDAM Kudus Pastikan Distribusi Air Bersih ke Pelanggan Aman Selama Lebaran

MURIANEWS.com, Kudus – Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kabupaten Kudus memastikan pasokan air bersih menjelang dan selama lebaran 2019 tetap aman. Kendati demikian, pihaknya akan mengantisipasi terjadinya gangguan dengan memberlakukan piket petugas.

Hal-hal yang perlu diantisipasi yakni kemungkinan terjadinya gangguan distribusi air bersih ke pelanggan. Seperti kemacetan air, pipa bocor, serta berbagai gangguan teknis yang disebabkan oleh alam ataupun faktor lain.

Direktur Utama PDAM Ayatullah Humaini mengatakan pihaknya telah memberlakukan piket petugas dalam mengantipasi gangguan distribusi air bersih. Hanya, ia berhaap selama melewati masa libur lebaran nanti, segala sesuatunya berjalan dengan aman dan lancar.

“Terutama pelayanan air bersih,” jelasnya.

Pengecekan berkala juga telah dilakukan mulai dari kondisi pipa penyalur pusat, sumur produksi, serta berbagai komponen yang dirasa bisa trouble sewaktu-waktu. Hasilnya, 53 sumur produksi milik PDAM siap untuk salurkan air bersih.

“Pemeliharaan rutin kami lakukan secara berkala,” ucapnya.

Meski begitu, antisipasi tetap dilakukan. Humaini menjelaskan penyiapan jaringan yang saling berhubungan satu dengan lainnya telah dilakukan. Satu tandon air dengan tandon lainnya juga telah dihubungkan. Dengan tujuan, jika salah satu tandon mengalami kerusakan, maka bisa dipasok dari tandon lain.

“Dengan begitu ketersediaan air bersih selama lebaran bisa tercukupi,”  lanjutnya.

Pihaknya sekali lagi berharap, tidak ada gangguan yang berlebih selama lebaran nanti. Terutama pada hal yang dapat mengganggu pendistribusian jaringan. Mengingat kebutuhan warga akan air bersih dipastikan akan meningkat.

“Peningkatannya bisa mencapai 25 persen,” tandasnya.

Salah seorang warga, Ela (23), pelanggan PDAM asal Kecamatan Kota berharap selama lebaran nanti ketersediaan air bersih tak ada kendala. Tim khusus yang disiapkan saat Lebaran juga diusulkan oleh Ela.

“Jika ada masalah bisa ditangani, keluarga kami datang semua dan kebutuhan air meninngkat,” tandasnya.

 

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Supriyadi

Comments
Loading...