Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Lebaran, Pelayanan Kesehatan RS Mardi Rahayu Kudus Tetap 24 Jam

MURIANEWS.com, Kudus – Rumah Sakit Mardi Rahayu Kudus siap memberikan pelayanan kesehatan bagi pasien selama libur lebaran. Hal itu dilakukan untuk tetap memberikan pelayanan kesehatan 24 jam non stop bagi masyarakat meskipun libur lebaran.

Direktur Utama RS Mardi Rahayu, dr. Pujianto memastikan Seperti Instalasi Gawat Darurat (IGD), Kamar Bedah, Farmasi, Laboratorium dan Bank Darah, Radiologi, Rawat Inap, dan Rawat Intensif telah disiapkan untuk mengantisipasi lonjakan jumlah pasien yang cenderung terjadi pada saat libur Lebaran.

“Tenaga dokter spesialis, dokter umum, dan perawat yang kompeten, serta persediaan obat-obatan dan alat kesehatan kami selalu siap. Untuk pasien yang mengalami musibah berbagai jenis kecelakaan yang membutuhkan operasi segera, silahkan langsung ke Instalasi Gawat Darurat untuk mendapatkan penanganan operasi segera sesuai komitmen kami,” jelasnya kepada awak media, Selasa (28/5/2019).

Ia mengatakan, mengantisipasi peningkatan kunjungan IGD, RS Mardi Rahayu melakukan pembenahan dengan menambah beberapa hal.  Di antaranya penambahan kapasitas IGD sebanyak lima bed sehingga IGD mampu menampung minimal 26 pasien. Sekaligus dan menambah kapasitas ruang Pendaftaran IGD.

“Penambahan kapasitas tersebut akan mempercepat pelayanan IGD, terutama saat terjadi penambahan jumlah pasien seperti pada masa libur Lebaran. Jangan lupa bahwa pasien gawat darurat dapat langsung ke IGD tanpa surat rujukan, dan yang membutuhkan ambulan jemputan untuk rawat inap dapat menghubungi IGD di nomor 08112710911 setiap saat.” ungkapnya.

 

Menjelang libur Lebaran, ketersediaan kamar rawat inap sesuai hak kelas atau sesuai kelas yang diinginkan di RS Mardi Rahayu akan ditingkatkan mulai 1 Juni 2019. Dengan memperluas program Kamar Tersedia Tanpa Tambah Biaya (KT3B).

KT3B yang semula hanya sampai kelas VIP menjadi sampai kelas Eksekutif. Selama masih ada bed yang kosong, 333 bed dari 345 bed di RS Mardi Rahayu dapat digunakan untuk program KT3B.

“Dengan program KT3Bi ini, pasien BPJS Kesehatan tidak perlu menambah biaya lagi saat rawat inap termasuk bila dilakukan operasi. Pasien dengan pembayaran pribadi juga tidak perlu khawatir harus mengeluarkan biaya lebih banyak karena tetap dapat memilih kelas kamar yang diinginkan,” katanya.

Ditambahkan dia, untuk visite atau kunjungan pemeriksaan dokter spesialis pada pasien rawat inap dan rawat intensif (ICU) tetap dilakukan setiap hari termasuk pada hari Minggu dan tanggal 5-6 Juni 2019. Padahal hari itu merupakan Hari Raya Idul Fitri.

“Visite dokter spesialis yang cuti akan digantikan dokter spesialis lain dengan keahlian yang sama untuk memastikan perawatan pasien tetap berjalan optimal. Kontrol pasien paska rawat inap juga dipastikan tidak akan terganggu karena Klinik Rawat Jalan Spesialis hanya libur selama 2 hari saja pada tanggal 5-6 Juni 2019,” beberanya.

Sementara itu, untuk pelayanan instalasi Hemodialisis RS Mardi Rahayu tetap melaksanakan pelayanan hemodialisis termasuk pada Hari Raya Idul Fitri. Baik untuk pasien rutin rawat jalan, rawat inap, maupun pasien travelling hemodialisis.

“Kami sadar betul bahwa hemodialisis atau cuci darah harus dilakukan teratur dan tidak boleh terlambat agar tidak timbul komplikasi seperti sesak nafas dan lain lain. Oleh karena itu, pelayanan hemodialisis kami tetapkan tidak ada libur,” jelasnya.

 

Reporter: Dian Utoro Aji
Editor: Supriyadi

Comments
Loading...