Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Ribuan Miras Sitaan Dimusnahkan Polres Kudus

MURIANEWS.com, Kudus – Polres Kudus memusnahkan ribuan botol miras hasil sitaan bulan Desember 2018 hingga Mei 2019. Pemusnahan dilakukan di halaman Mapolres Kudus dengan cara dilindas dengan alat berat, Selasa (28/5/2019) pagi.

Kapolres Kudus, AKBP Saptono merinci, jumlah miras yang dimusnahkan berjumlah 1.268 botol. Yang terdiri dari berbagai merk baik legal maupun oplosan. Di antaranya, Anggur Kolesom, Newport, Vodka, dan berbagi jenis lainnya.

“Kami telah amankan dari Desember lalu,” ucapnya.

Pemusnahan dilakukan sebagai bentuk simbolis melawan tindakan kejahatan yang didasari pengaruh minuman keras. Peredaran miras juga diharapkan bisa bekurang.

“Ini sebagai bentuk simbolis perlawanan kita terhadap kejahatan,” tegasnya.

Peredaran miras di Kabupaten Kudus sendiri diakui telah dipantau jauh sebelum gelaran pengamanan ketupat candi berlangsung. Dengan tujuan mengurangi dan menghentikan peredaran miras di masyarakat menjelang Lebaran 2019 mendatang.

“Peredaran miras sudah dipantau sebelum operasi ketupat candi,” ucapnya.

Masyarakat juga diajak berperan aktif dalam mencegah peredaran miras di Kudus. Saptono menambahkan, semua pihak harus bersinergi dalam memerangi salah satu sumber dari kejahatan tersebut.

“Masyarakat berperan aktif dalam mencegah peredaran. Jika ada peredaran bisa dilaporkan,” tandasnya.

Sementara Bupati Kudus HM Tamzil mengapresiasi kinerja dari para aparat yang telah melakukan penyitaan serta pengawasan dari peredaran miras di Kota Kretek. Kegiatan seperti ini dianggap bisa mewujudkan Perda nomor 12 tahun 2004.

“Yang mengatur tentang 0 persen alkohol di Kabupaten Kudus,” terang Tamzil.

Walaupun belum maksimal, kuantitas dari peredaran miras dirasa telah berkurang dari tahun ketahun. Pihaknya pun mengharapkan kontribusi dari masyarakat terkait peredaran miras di Kudus.

“Semua pihak harus terlibat dalam pencegahan ini,” tandasnya.

 

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Supriyadi

Comments
Loading...