Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Bus Tanpa Dokumen Ramp Check Tak Boleh Angkut Pemudik di Jepara

MURIANEWS.com, Jepara – Untuk mempersiapkan armada yang akan digunakan untuk melayani angkutan Lebaran, Pemkab Jepara melakukan pengecekan secara langsung. Pengecekan ini dilakukan bersama Polres Jepara, Selasa (28/5/2019), di beberapa garasi PO (Perusahaan Otobus).

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Jepara, Deni Hendarko menyatakan, pengecekan ini merupakan bagian dari penyiapan armada bus. Setiap armada bus akan menjalani apa yang disebut dengan Ramp Chek.

Pengecekan dilakukan terhadap kondisi fisik bus, fasilitas yang disyaratkan, juga kelengkapan administrasinya. Semua armada Lebaran harus melalui proses Ramp Chek ini. Semua alat kelengkapan seperti lampu, klakson, wiper, sign lamp, lampu rem, sistem rem dan ban dicek secara keseluruhan.

“Selain itu, semua armada bus juga harus dilengkapi alat pemecah kaca dan pemadam api. Semua yang disyaratkan harus dipenuhi jika ingin mendapatkan keterangan lolos Ramp Chek,” ujar Deni Hendarko.

Untuk bus-bus regular pengecekan dilakukan di masing-masing garasi. Sedangkan untuk bus-bus pariwisata yang disiapkan untuk disewa sebagai pengangkut Lebaran, dilakukan pengecekan di Kantor Dishub Jepara. Semua bagian dicek, termasuk kondisi ban. Jika tidak memenuhi syarat, langsung diminta diganti.

Nantinya setiap bus yang diizinkan masuk ke terminal atau mengangkut penumpang Lebaran adalah yang dilengkapi dengan dokumen Ramp Chek. Untuk bus AKAP yang tidak ada dokumen ramp chek-nya dipastikan tidak bisa masuk ke terminal.

Sementara itu, Kepala Bidang Perhubungan Darat pada Dishub Jepara, Setyo Adhi menyebutkan saat ini ada 73 unit bus yang berada di garasi Jepara. Sedangkan untuk jumlah penumpang diperkirakan mencapai 2.190 orang, setiap harinya.

Pihaknya hanya melakukan pengecekan terhadap bus-bus yang garasinya ada di Jepara. Sedangkan untuk bus-bus lain yang trayeknya Jepara namun garasinya ada di luar daerah, pengecekannya akan di lakukan daerah masing-masing.

“Kalau garasinya, atau perusahaanya ada di Jepara, maka semua akan diperiksa oleh Dishub Jepara. Sedangkan bus yang garasinya di Kudus misalnya, meski ada trayek di Jepara, tetap yang melakukan pemeriksaan adalah Dishub Kudus,” jelas Setya Adhi.

 

Reporter: Budi Erje
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...