Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Jelang Lebaran, Produsen Kue Kering di Pati Banjir Pesanan

MURIANEWS.com, Pati – Lebaran tinggal menghitung hari. Kebutuhan untuk menyambut hari besar keagamaan itu pun perlu disiapkan, termasuk untuk suguhan para tamu.

Misalnya saja kue kering yang kerap kali menghiasi meja saat merayakan Lebaran. Suguhan kue kering memang menjadi primadona, bagi sebagian besar masyarakat, khususnya di Kabupaten Pati.

Oleh karena itu, tidaklah berlebihan jika permintaan akan kue kering ini semakin meningkat. Bahkan peningkatannya mencapai 100 persen.

Seperti halnya pesanan kue kering di salah satu produsen di Kelurahan Pati Lor, Kecamatan Pati Kota milik Tri Isnaeni. Sejak awal Ramadan, dirinya sudah mendapatkan banyak pesanan. Bahkan pesanan semakin meningkat ketika memasuki pertengahan puasa dan akhir Ramadan.

“Ada peningkatan. Jumlahnya, ya banyak. Biasanya kalau Ramadan memang banyak yang pesan,” kata Isnaeni.

Dirinya menambahkan, jika pada hari-hari biasa pesanan berkisar antara 100 hingga 200 kemasan kue kering. Tetapi pada saat puasa ini, pesanan sudah mencapai ribuan kemasan.

“Kalau 10 hari menjelang Lebaran biasanya permintaan tambah banyak,” imbuhnya.

Dirinya juga menambahkan, untuk tahun ini Isnaeni hanya membuat 12 jenis dari 20 jenis kue kering yang ada. Hal itu dengan pertimbangan jenis kue kering yang laris di pasaran.

Selain itu, karena adanya pengaruh mata uang dolar, berimbas juga ke bahan baku pembuatan kue. Bersamaan dengan itu pula, harga kue tentu juga ikut dinaikkan yakni sekitar Rp 30.000 hingga Rp 40.000 per toplesnya. Sementara untuk ukuran kecil dijual dengan harga Rp 19.000 per toples.

 

Reporter: Cholis Anwar
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...