Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Tiga Napi Lapas Pati Bakal Bebas Saat Lebaran

MURIANEWS.com, Pati – Setidaknya ada tiga narapidana (napi) di Lapas Kelas II B Pati yang dipastikan bebas pada saat perayaan Hari Raya Idhul Fitri 1340 H. Mengingat, pihak lapas saat ini tengah mengusulkan adanya remisi khusus bagi tiga napi tersebut.

Kepala Lapas Kelas II B Pati Irwan Silais melalui Kasubsi Registrasi dan Binkesmas Krismiyanto mengatakan, untuk remisi yang diusulkan adalah dalam bentuk potongan masa tahanan dan remisi bebas masa tahanan.

“Untuk remisi bebas bersyarat, nanti akan ada tiga napi yang mendapatkan remisi itu. Kemungkinan besar usulan remisi pembebasan itu dikabulkan. Kita tunggu saja surat keputusan (SK) remisi itu turun,” katanya.

Menurutnya, usulan remisi itu sudah sesuai dengan Permenkumham Nomor 3 Tahun 2018 pada pasal 3. Dalam pasal tersebut secara jelas menerangkan, remisi khusus diberikan pada hari besar keagamaan yang dianut oleh napi.

Lebih lanjut, sesuai dengan Pasal 34 ayat (2) dan (3) PP Nomor 9 Tahun 2012 dan Pasal 5 Permenkumham Nomor 3 Tahun 2018, syarat untuk dapat menerima remisi adalah Napi tidak sedang menjalani hukuman disiplin.

“Selain itu, napi tersebut juga sudah mengikuti pembinaan dalam lapas dengan predikat baik dan sudah menjalani masa tahanan selama 6 bulan lebih,” katanya.

Pihaknya menambahkan, sejumlah narapidana akan mengetahui surat keputusan pengurangan masa tahannya atau pembebasanya, maksimal H-1 sebelum lebaran Idul Fitri mendatang.

 

Reporter: Cholis Anwar
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...