Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Dishub Pati Gelar Ramp Check Armada Angkutan Lebaran

MURIANEWS.com, Pati – Dinas Perhubungan (Dishub) kabupaten Pati tengah melakukan ramp check (inspeksi keselamatan) terhadap armada bus angkutan Lebaran. Ramp check dilakukan dengan mendatangi langsung pool atau garasi bus untuk melakukan pemeriksaan.

Salah satunya di garasi PO Dream Liner di Kecamatan Gembong, Senin (27/5/2019). Para petugas melakukan pemeriksaan secara detil untuk mengetahui kelaikan setiap armada sebelum diterjunkan untuk angkutan Lebaran.

Selain kelaikan, hal lain yang diperiksa yakni dokumen perjalanan, dan persyaratan teknis.

Kepala Bidang Pengendalian dan Operasi Dishub Pati, Heri Purnomo mengatakan, ramp check merupakan bagian tugas dari Dishub beserta Jasa Raharja dengan Polantas sebelum armada bus menjemput para pemudik.

Apalagi armada milik PO Dream Leaner ini juga telah disewa oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) untuk menjemput para pemudik di Jakarta pada 31 Mei 2019 mendatang.

“Sebelum bus-bus ini berangkat, maka kami lakukan pengecekan dahulu, yakni terkait surat-surat, kondisi bus dan juga driver dan pembantunya, karena ketiganya itu sangat penting,” katanya.

Dengan arus mudik yang begitu padat, lanjut Heri, pihak Dishub bertanggung jawab atas kelancaran dari aspek kesiapan tersebut.

Tidak menutup kemungkinan, pihaknya juga akan mengadakan ramp check di Terminal Kembang Joyo dengan mengggandeng Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Pati.

“Nantinya kita tensi drivernya, dan juga kita cek narkoba. Jika ada sopir yang terkena narkoba, otomatis akan kami batalkan dan tidak kami perbolehkan untuk membawa bus tersebut,” imbuhnya.

 

Reporter: Cholis Anwar
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...