Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Jelang Lebaran, Pengiriman Paket Lewat Pos di Jepara Melonjak

MURIANEWS.com, Jepara – Pengguna layanan jasa pengiriman paket barang di Kantor Pos Jepara, mengalami peningkatan pada Ramadan ini. Sekitar sepekan menjelang Lebaran, jumlahnya semakin meningkat.

Kepala PT Pos Jepara, Rio Ananda menyebutkan, barang-barang atau paket yang harus dikirimkan pihaknya, mengalami kenaikan pada Mei 2019 ini. Peningkatannya bisa berkisar pada angka 50 persen.

Pada hari-hari biasa, jumlah barang yang harus dikirim biasanya hanya mencapai 200 kantong setiap harinya. Namun pada Mei ini, khususnya menjelang Lebaran saat ini, jumlahnya bisa meningkat menjadi sekitar 300 kantong setiap harinya.

Jumlah item untuk setiap kantongnya, tidak bisa dipastikan. Sebab dalam setiap kantong berisi item barang yang ukurannya tidak sama. Sehingga PT Pos Jepara dalam hal ini menggunakan satuan kantong.

“Jadi kalau ditotal dalam satu bulan ini, kami perkirakan jumlahnya bisa mencapai 6.000-an kantong. Ini jelas mengalami peningkatan dibanding sebelum Ramadan,” ujar Rio Ananda, Senin (27/5/2019).

Peningkatan jumlah barang yang dikirim, terjadi pada barang yang dikirim keluar atau barang yang dikirim masuk ke wilayah Jepara. Bahkan untuk kiriman dari wilayah Jepara ke wilayah Jepara yang lainnya, juga terjadi kenaikan signifikan.

Di luar itu, juga ada barang yang datang dari wilayah Jawa Tengah, dan keluar ke wilayah Jawa Tengah.  Juga ada sebagian yang dikirimkan atau datang ke atau dari  seluruh penjuru wilayah Indonesia.

“Untuk yang dari Jepara ke Jepara, terjadi peningkatan. Biasanya mereka pelaku bisnis online. Barang yang dikirim sebagian besar berkaitan dengan Lebaran. Kalau dari Jepara dikirim ke wilayah Jepara, kami dalam sehari bisa melakukannya,” tambah Rio Ananda.

Kenaikan penguna layanan produk PT Pos Jepara lainnya yang juga mengalami kenaikan adalah jasa pengiriman uang Western Union. Untuk pelayanan ini, di PT Pos Jepara biasanya hanya terjad 50-an transaksi setiap harinya. Namun masuk bulan Ramadan ini, jumlah transaksinya bisa mencapai 60 setiap harinya.

Sayangnya, PT Pos Indonesia Cabang Jepara, tidak bisa menyebutkan berapa nilai transaksi yang terjadi. Berapa jumlah uang yang dikirim dari luar negeri melalui Western Union, ke Jepara tidak bisa disebutkan.

 

Reporter: Budi Erje
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...