Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Insentif Ketua RT dan RW di Kudus Cair Hari ini

MURIANEWS.com, Kudus – Pembinaan sekaligus penyerahan insentif pada Ketua RT dan RW di Kabupaten Kudus mulai dilakukan Pemkab Kabupaten Kudus. Pemberian, pertama kali dilakukan di Kecamatan Jekulo oleh Bupati Kudus, HM Tamzil, hari ini (27/5/2019).

Ditemui usai kegiatan, Tamzil mengatakan pemberian insentif pada para Ketua RT dan RW di Kabupaten Kudus adalah bentuk apresiasi pihak Pemkab atas kinerjanya selama ini. Mengingat mereka juga termasuk tangan panjang dari Pemkab Kudus.

“Mereka juga merupakan wajah dari Pemkab Kudus,” ucapnya.

Peningkatan insentif dari tahun ke tahun juga diupayakan. Mengingat kebutuhan kian hari juga kian meningkat. Peningkatan akan dikaji melalui evaluasi dari dinas terkait.

Tahun ini, para Ketua RT dan RW akan menerima kisaran nominal yang sama. Yakni di angka Rp 1 juta hingga Rp 3,3 juta. Hanya, yang membedakan adalah jumlah yang diterima per RT dan RW, sesuai kemampuan desa masing-masing.

“Jadi memang tergantung keuangan desa,” ucapnya.

Ketua RT dan RW se-Kecamatan Jekulo diberikan pengarahan Bupati Kudus HM Tamzil di Aula Desa Hadipolo (MURIANEWS.com/Anggara Jiwandhana) RT

Peningkatan performa diharapkan ada walaupun insentif hanya diberikan setahun sekali menjelang lebaran. Dengan tujuan masyarakat bisa terlayani dengan baik.

“Mereka adalah filter pertama masyarakat,” ucapnya

Peran penting Ketua RT dan RW juga diharapkan berfungsi kembali. Hal kecil yang dicontohkan Tamzil adalah terkait penandatangan surat-surat keterangan.

“Sebaiknya harus di bubuhi tanda tangan Ketua RT/RW terlebih dahulu,” tandasnya.

Sementara Asisten Pemerintahan Setda Kudus Agus Budi Satrio menjelaskan, secara keseluruhan penerima insentif di sembilan kecamatan di Kudus berjumlah 3595 ketua RT dan 678 ketua RW. Pemberian, akan dilaksanakan hari ini hingga dua hari kedepan.

Untuk Kecamatan Jekulo sendiri ada 85 Ketua RW dan 443 Ketua RT,” tandasnya.

Edi Santoso Ketua RT 1 Desa Klaling mengaku senang dengan cairnya insentif tahunan tersebut. Pihaknya berharap, kenaikan insentif akan terjadi tahun depan.

“Uang akan digunakan untuk tambah-tambah keperluan lebaran,” tandasnya.

 

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Supriyadi

Comments
Loading...