Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Tambal Lubang Jalan Pantura, Bupati Pastikan Kudus Siap Dilalui Pemudik

MURIANEWS.com, Kudus – Bupati Kudus HMTamzil menyatakan Kabupaten Kudus siap dilalui para pemudik dari luar kota. Kondisi jalan di Pantura Timur yang beberapa waktu lalu banyak dijumpai lubang-lubang cukup dalam juga sudah kembali mulus.

“Sekalipun bukan wewenang kami, jalan-jalan berlubang sebagian telah kami perbaiki,” ucapnya.

Selain itu pelayanan kesehatan juga dimaksimalkan. Sejumlah pusat pelayanan kesehatan di sepanjang Pantura Timur dan perkotaan disiagakan dengan peralatan yang lengkap. Tenaga medis unggulan juga disiapkan untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan.

”Pokoknya Kudus sudah siap menyambut pemudik,” katanya.

Sedang untuk kondisi jalan, Kabid Bina Marga Apriliana Hidayati menyatakan, jalur alternatif  di Kudus telah rampung diremajakan. Pemeliharaan juga terus dilakukan secara periodik.

”Empat jalur alternatif berkondisi baik telah rampung perawatannya dan siap dilalui pemudik,” jelasnya.

Hal senada juga diungkapkan Kepala Dinas Perhubungan Abdul Halil. Ia mengatakan semua infrastruktur penunjang seperti rambu dan kelengkapan LLAJ juga sudah dilakukan. Hanya, untuk pengecekan layak kendaraan baru dilaksanakan pekan ini.

”Kami canangkan minggu ini, menyusul kenaikan armada mulai terlihat,” ucapnya.

Terkait jumlah angkutan, pihaknya memperkirakan akan ada kenaikan sebesar 5 persen dari tahun sebelumnya, baik dalam arus mudik maupun arus balik. Data tahun tahun 2017, angkutan mudik melibatkan 4.165 bus dan saat arus balik 5.433. Sedang pada tahun 2018 tercatat 4.290 bus (mudik) dan 5.596 bus (balik).

“Kami cek kesiapan kendaraan serta kesehatan supirnya,” tandasnya.

Terpisah, Kapolres Kudus AKBP Saptono, menyatakan pihaknya sangat siap mengamankan jalannya mudik Lebaran tahun ini. Personelnya disiagakan di tempat yang dilewati pemudik. Pusat publik juga akan disiagakan personel. Dengan tujuan menjaga dan mempertahankan kondusifitas.

“Masyarakat kami harapkan membantu jaga kondusifitas,” tandasnya.

 

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Supriyadi

Comments
Loading...