Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Ketika Tahanan Rutan Kudus Bisa Berbuka Puasa dengan Orang Terkasih

MURIANEWS.com, Kudus – Suasana haru dan bahagia selimuti ruangan Aula Rumah Tahanan IIB Kudus Sabtu (25/5/2019) sore. Bagaimana tidak, para warga binaan itu dipertemukan langsung dengan para anggota keluarga dan orang terkasih dalam buka bersama keluarga yang difasilitasi oleh pihak rutan.

Tawa riang dari para anak saat bertemu orangtuanya yang sedang menjalani masa hukuman. membuat ‘gaduh’ ruangan dan menghangatkan suasana. Candaan sepasang suami istri yang terpisah cukup lama juga menjadi pemandangan yang jamak terjadi pada waktu itu.

Belum lagi para orang tua yang tak henti bercengkrama dengan anaknya. Nasihat sesekali keluar sembari menunggu waktu berbuka puasa.

Kebanyakan dari para keluarga menyiapkan makanan dari rumah. Makanan khas rumahan memang yang dirindukan warga binaan di bulan suci Ramadan.

Salah satu istri saat menyuguhkan minuman pada suaminya yang merupakan warga binaan Rutan IIB Kudus (MURIANEWS.com / Anggara Jiwandhana)

Sulamah (45) warga Kecamatan Bae, Kudus, mengaku senang bisa menikmati buka bersama dengan anaknya yang harus menjalani masa hukuman selama 4 tahun tersebut. Mengingat saat Ramadan lalu, pihaknya tak bisa menikmati momen makan bersama dengan anaknya saat masa besukan.

“Di manapun tempatnya tidak masalah, yang penting bersama keluarga utuh,” ucapnya sembari menyuapi anak pertamanya saat telah masuk masa berbuka puasa.

Para warga binaan juga tampak bahagia saat bercengkrama dengan anggota keluarga. Sekalipun sesekali raut muka penyesalan terpampang pada wajah mereka. Namun, muka muram berganti sumringah saat ucapan-ucapan ramah dari keluarga terus didengar dan dilantunkan.

Salah satu yang menikmati suasana tersebut adalah Riko (24). Ia merasa sangat bersyukur bisa bertemu keluarga sekaligus calonnya tersebut. Pihaknya mengucapkan terimakasih pada pihak rutan karena telah menyelenggarakan kegiatan ini. “Saya berterimakasih karena telah menyelenggarakan kegiatan ini,” ucapnya.

Sementara itu, Kepala Rutan IIB Kudus Budi Prajitno menjelaskan, kegiatan buka bersama seperti ini bukanlah hal baru di Rutan IIB Kudus. Semenjak ia bertugas di sini, tercatat sudah tiga kali gelaran kegiatan dilaksanakan.

“Ini adalah tradisi dan kegiatan yang terus dilakukan hingga sekarang,” ucapnya.

Tentunya, kegiatan dipastikan sesuai dengan prosedural yang berlaku. Semua makanan tetap harus dilakukan pengecekan terlebih dahulu. Mengingat walau bertujuan untuk membangun rasa kekeluargaan, faktor keamanan juga harus ditekankan.

Kegiatan pada tahun ini sendiri setidaknya diikuti oleh 54 warga binaan. Mereka sebelumnya mendaftar untuk mengikuti kegiatan tersebut. Pendaftaran, dibuka tiga hari sebelum kegiatan buka bersama dilakukan. “Tentunya tak ada pungutan apapun,” tegasnya.

Sementara Kepala Sub Bidang Pelayanan Tahanan Rutan Kudus Eko Budihartanto menambahkan, selain rasa kekeluargaan yang bertambah, moril bagi para warga binaan juga diharapkan semakin kuat.

Dengan tujuan, para warga binaan bisa semakin tegar menghadapi masa hukumannya. Serta membulatkan tekat untuk menjadi lebih baik lagi.

“Kami juga membagikan cokelat pada anak-anak warga binaan dengan tujuan memberitahukan bahwa kami adalah teman baik ayahnya selama di sini,” tandasnya.

 

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...