Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Antisipasi Antraks, Disnakkan Grobogan Tingkatkan Pengawasan Kesehatan Hewan

0 57

MURIANEWS.com, GroboganDinas Peternakan dan Perikanan (Disnakkan) Grobogan meningkatkan pengawasan terhadap kondisi kesehatan hewan, khususnya sapi. Tindakan itu dilakukan menyusul ditemukannya penyakit antraks di daerah Gunungkidul.

Kepala Disnakkan Grobogan Riyanto menegaskan, sejauh ini, wilayah Grobogan masih aman dari antraks karena belum pernah ditemukan kasusnya. Meski demikian, adanya hewan terjangkit antraks di daerah lain perlu mendapat perhatian dan disikapi dengan serius karena penyakit ini termasuk berbahaya.

Menurutnya, saat ini pihaknya telah meningkatkan kewaspadaan terhadap lalu lintas perdagangan ternak di pasar hewan. Kemudian, pengawasan pada rumah pemotongan hewan dan tempat-tempat penjualan daging juga ditingkatkan guna mencegah masuknya penyakit antraks di wilayahnya.

Disamping itu, beberapa upaya pencegahan lainnya juga terus dilakukan. Seperti, penyuluhan, pemeriksaan serta pemberian vitamin dan obat cacing bagi ternak rakyat.

Riyanto menyatakan, berdasarkan pantaun yang dilakukan sejauh ini, belum ditemukan adanya serangan penyakit yang disebabkan oleh bekteri Bacillus Antraxis itu. ”Sejak penyakit antraks mencuat lagi, kami langsung menerjunkan tim pemantau. Setiap hari tim ini melaporkan hasil pantauannya di lapangan,” ujarnya.

Selain menerjunkan tim pemantau, Riyanto juga meminta partisipasi aktif dari masyarakat jika menemukan adanya hewan-hewan yang dicurigai mengidap penyakit antraks berada di wilayah Grobogan. Ia menjelaskan, ciri-ciri hewan yang terjangkit penyakit Antraks antara lain, hewan tersebut mengalami panas tinggi, keluar ingus dan tiba-tiba mati.

“Pesan saya pada masyarakat, kalau ada hewan ternaknya yang terlihat sakit agar segera menghubungi petugas kami,” imbuhnya.

 

Reporter: Dani Agus
Editor: Supriyadi

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.