Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Duh, Baru 50 Perusahaan di Kudus yang Lapor Telah Bagikan THR

MURIANEWS.com, Kudus – Pemberiaan Tunjangan Hari Raya (THR) sudah dimulai dibeberapa perusahaan menjelang lebaran. Dinas Tenaga Kerja, Perindustrian, Koperasi, Usaha Kecil, dan Menengah Kabupaten Kudus mencatat sudah ada 50 perusahaan di Kudus yang melaporkan telah memberikan THR.

Kepala Bidang Hubungan Industrial dan Perselisihan Tenaga Kerja Agus Juanto mengatakan dari data yang diterima ada 50 perusahaan yang telah melaporkan. Namun, ada kemungkinan lebih dari jumlah itu perusahaan itu yang telah membagikan THR. Karena belum melaporkan kepada Dinas Tenag Kerja.

“Kemungkinan perusahaan yang telah membagikan THR lebih dari jumlah yang melaporkan kepada kami,” katanya.

Ia mengatakan, selain jumlah perusahaan yang telah membagikan THR. Menurutnya, belum ada ada karyawan atau buruh yang mengadukan soal THR.

“Pengaduan masih nihil belum ada,” ungkapnya.

Sebelumnya, Dinas Tenaga Kerja, Perindustrian, Koperasi, Usaha Kecil, dan Menengah Kabupaten Kudus mengirim surat edaran kepada 120-an perusahaan di Kota Kretek. Pengiriman surat edaran itu terkait dengan batas pembayaran Tunjangan Hari Raya (THR) kepada karyawan yang wajib dibayarkan sebelum H-7 lebaran.

Pembayaran THR itu diatur dalam peraturan menteri tenaga kerja. Tepatnya, peraturan menteri ketenagakerjaan nomor 6 tahun 2016 tentang tunjangan hari raya keagamaan. Maka kewajiban perusahaan memberikan THR kepada pekerja sesuai dengan ketentuan perundangan-perundangan.

“Kami minta kepada perusahaan untuk membayarkan itu,” ungkapnya.

Hanya, ada beberapa aturan untuk menentukan besaran THR. Bagi karyawan yang telah mempunyai masa kerja 12 bulan secara terus menerus atau lebih maka diberikan sebesar satu bulan upah.

“Sedangkan pekerja yang mempunyai masa kerja satu bulan secara terus menerus tetapi kurang dari 12 bulan, diberikan secara proposional. Yakni sesuai masa kerja dengan ketentuan masa kerja dibagi 12 dikali satu bulan upah, tandasnya.

 

Reporter: Dian Utoro Aji
Editor: Supriyadi

Comments
Loading...