MURIANEWS.com
Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Derita Kelainan Otak Sejak Lahir, Zakiy Butuh Uluran Tangan

0 69

MURIANEWS.com, Semarang – Seorang bocah berumur enam tahun, Zakiy Siraaj warga Dusun Kalisat, Desa Rejosari, Kec Bancak, Kab Semarang, membutuhkan uluran tangan. Bocah malang ini menderita kelainan otak sejak lahir, dan kini membutuhkan biaya besar untuk menjalani perawatan.

Sementara orang tua bocah ini dari keluarga tak mampu. Bahkan sawah satu-satunya yang dimiliki sebagai sumber ekonomi, telah dijual untuk biaya pengobatan.

Prihati (36) ibu Zakiy menceritakan, anaknya lahir dalam kondisi premature saat usia kandungannya masih berumur tujuh bulan. Ia menyebut, kondisi kelainan otak anaknya langsung diketahui sejak bayi itu berumur satu bulan.

“Saat itu sudah diketahui jika anak saya mengalami cidera otak, dikarenakan terkena virus toxoplasma,CMV,” katanya.

Akibat penyakit itu, pertumbuhan Zakiy menjadi tak maksimal. Bocah malang ini pun diperiksakan ke RS dr Sardjito Yogyakarta. Selama setahun Prihati harus bolak balik memeriksakan anaknya ke rumah sakit ini, namun belum menunjukkan perkembangan yang baik.

“Karena ketiadaan biaya, akhirnya saya memutuskan berhenti melakukan kontrol rutin selama satu tahun. Saat itu banyak biaya yang sudah saya keluarkan saat itu tahun 2013 belum ada BPJS Kesehatan. Saya dan suami juga sudah menjual sawah satu-satunya,” ujarnya.

Beberapa waktu kemudian, kondisi Zakiy semakin buruk. Bocah itu mengalami kejang hebat dan harus dilarikan RSUD Salatiga. Selama setahun pula, bocah perawatan jalan di rumah sakit ini, dan kejang masih belum berhenti.

Akhirnya, Zakiy dirujuk ke RSUP dr Kariadi Semarang. Selama 11 hari, bocah ini mejalani perawatan intensif.

“Kondisi ini membuat saya semakin sedih karena banyaknya kebutuhan biaya pengobatan anak saya yang harus dipenuhi dari kebutuhan akomodasi,” terangnya.

Beberapa kebutuhan yang mendesak itu menurut dia, yakni selang khusus NGT untuk proses memberi makan anak, kemudian susu khusus Entrakid , sepatu AVO.

“Ada juga alat bantu tangan supaya tangan anak saya dapat berfungsi, serta korset karena anak saya juga terkena skoliosis. semua itu belum tercover oleh BPJS,” terangnya.

Dengan kondisi ini, Prihati membutuhkan uluran tangan dari banyak pihak untuk meringankan bebannya. Saat ini donasi untuk perawatan Zakiy sudah dibuka melalui plafform donasi kesehatan online.

Anda yang terketuk hatinya bisa menyalurkan donasi melalui platform Peduli Sehat dengan mengklik laman ini: “Bantu Zakiy Sembuh Dari Celebral Palsy”.

 

Reporter: Ali Muntoha
Editor: Ali Muntoha

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.