Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Begini Perjalanan Grup Li Maa Man 2 Kudus Hingga Berhasil ke Final Dakwah Syiar Anak Negeri

 

MURIANEWS.com, Kudus – Grup “Li Maa” dari MAN 2 Kudus menjadi finalis di ajang lomba dakwah melalui Syiar Anak Negeri yang diselenggarakan Metro TV bekerjasama dengan Kementrian Agama Republik Indonesia. Li Maa yang merupakan perwakilan dari Jawa Tengah akan tampil di babak final Sabtu (25/5/2019) malam nanti.

Personel Li Maa sendiri terdiri dari lima orang. Yakni satu pria dan empat perempuan. Mereka merupakan siswa kelas X dan kelas XI. Pertama ada nama Dito Darmawan, kemudian Alifia Vitri Ardina, Nurul Latifah, Tsania Miratush Sholihat, Ridha Aulia Rahmah. Mereka memiliki kemahiran berdakwah hingga berseni musik.

Sebelum menjadi finalis diajang tersebut. Li Maa sebelumnya melakukan audisi.  Audisi ini tersebar di enam kota, yaitu Surabaya, Semarang, Makassar, Medan, Bandung, dan Banjarmasin.

Grup “Li Maa” dari MAN 2 Kudus mengikuti audisi melalui Kota Semarang. Tahap awal yang harus dilalui adalah dengan cara mengirimkan video berdurasi 3 – 5 menit berupa nasid, dakwah, atau syair yang dikemas secara kolaboratif.

Baca Juga: Grup Li Maa Man 2 Kudus Siap Tampil di Final Dakwah Syiar Anak Negeri di Jakarta

Video yang masuk akan dinilai oleh pihak Metro TV dengan melibatkan dewan juri yang terdiri dari MUI, Binmas/Pendis Kementerian Agama. Dari 10 finalis tiap kota hanya diambil 2 peserta yang mendapatkan Golden Tiket menuju tingkat nasional di Jakarta. Grup “Li Maa” dari MAN 2 Kudus mewakili kota Semarang menuju Jakarta bersama “Voice of Mandamen”.

Semua peserta tiap kota audisi diberangkatkan ke Jakarta tanggal 1 Mei 2019 lalu untuk memasuki masa karantina di Hotel Mercure Cikini. Mereka digemleng oleh para mentor profesional untuk persiapan audisi eliminasi dan performence pada tanggal 11 dan 12 Mei 2019 yang ditayangkan langsung Metrotv pada pukul 20.05 sampai 21.30 WIB.

Grup “Li Maa” dari MAN 2 Kudus menjadi finalis di ajang lomba dakwah melalui Syiar Anak Negeri yang diselenggarakan Metro TV bekerjasama dengan Kementerian Agama. (MURIANEWS.com)

Selanjutnya Grup Li Maa bersaing bersama 11 grup dari berbagai kota di seluruh Indonesia yang terbagi dalam dua kali tayang. Grup “Li Maa” lolos tahap eliminasi pertama menyingkirkan grup “Q Vois”, “Qolbun Ahwad” dari MAN 1 Bangka Belitung, dan “Nastajd” dari MAN 1 Bulukumba.

Grup “Li Maa” kembali akan berkompetisi lagi di babak eliminasi selanjutnya pada hari Sabtu, tanggal 18 Mei 2019. Enam peserta yang akan bersaing adalah “Li Maa” MAN 2 Kudus, “Voice of Mandamen MAN 2 Kebumen, “Khasanah” MAN Palembang, “Gita Aliyah” MAN Ende Nusa Tenggara Timur, “El Nida” MAN Pangandran, “Giri Voice” MAN Gresik.

Pada babak eliminasi tersebut ada dua grup yang tereliminasi. Yakni Giri Voice (Gresik) dan Voice Mandamen (Kebumen). Kemudian pada babak empat besar pada tanggal 19 Mei 2019, gurp Li Maa kembali lolos. Sedangkan satu grup yang tereleminasi yakni Gita Aliyah Nasyid dari NTT.

Lalu tinggal tiga grup yang akan tampil di babak final nanti malam. Merek adalah El Nida Voice (Pangandaran), Li Maa (Man 2 Kudus), dan Khazanah (Palembang).

Guru pembimbing grup Li Maa Widya Ningrum mengaku siap untuk tampil di babak final nanti. Berbagai persiapan sudah dilakukan. Salah satunya membuat sebuah konten sesuai dengan tema yang aktual dan problem yang dihadapi remaja. Termasuk menuangkan ide-ide cemerlang sebagai sebuah pergerakan atau solusi.

“Retorika bahasa dakwah harus bagus, menukik, dan menyentuh.  Ayat-ayat Alquran yang mereka gunakan sebagai dasar juga harus tepat.  Yang tak kalah penting adalah kreativitas dan perform harus menarik,” jelasnya.

Ia pun berharap malam nanti, tentu mereka akan tampil dengan memadukan potensi mereka. Li Maa, memiliki ragam potensi. “Nanti malam saya prediksi mereka akan tampil menggunakan opera mini, gitar, dakwah, tilawah, bahasa Jawa, dan nyanyi. Harapan saya, nanti mlm mereja bisa memberikan kejutan yang terbarukan,” jelasnya.

Sementara itu, Hasan Asyari orang tua Ridha Aulia Rahmah mengaku bangga dan senang. Apalagi, anaknya masuk di babak final di ajang syiar anak negeri tersebut. Ia pun berharap grup Li Maa menjadi grup terbaik diajang tersebut.

“Alhamdulillah bangga dan senang. Apalagi di Kudus masuk dibabak final. Kegiatan ini sangat positif dalam bentuk yang mudah diterima dan digemari oleh kalangan anak anak milenial,”  tambahnya.

 

Reporter: Dian Utoro Aji
Editor: Supriyadi

Comments
Loading...