MURIANEWS.com
Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Nasdem Dukung Tindak Tegas Pelaku Kerusuhan Jakarta

0 17

MURIANEWS.com, Jakarta – Menyikapi aksi unjukrasa dan kerusuhan pascapengumuman rekapitulasi Pemilu 2019 di Jakarta, DPP Partai Nasdem mengambil sikap. Partai besutan Surya Paloh itu menyatakan mendukung tindakan tegas yang dilakukan aparat kemanan terhadap pelaku kerusuhan.

Termasuk mengusut secara tuntas aktor intelektual di balik kerusuhan ini. Pernyataan sikap ini dikeluarkan oleh DPP Partai Nasdem yang diserukan oleh Ketua Umumnya Surya Paloh dan Sekjen Johny Plate.

“Partai NasDem akan selalu mendukung langkah dan upaya yang diambil oleh TNI dan Polri, termasuk tindakan tegas terhadap pihak-pihak yang hendak membuat negara ini terpecah belah, jika dipandang terpaksa,” katanya dalam siaran pers yang diterima MURIANEWS.com.

Menurut Nasdem, keutuhan republik ini di atas segala-galanya, termasuk di atas simbol dan ekspresi kebebasan dalam demokrasi. Oleh karenanya, partai ini menyatakan mendukung setiap langkah pemerintah dan alat negara dalam upaya menjaga keutuhan dari setiap tindakan yang mengancam eksistensi NKRI dan pemerintahan yang sah.

“Kami juga mengajak seluruh elemen bangsa untuk mengutamakan persatuan dan kesatuan bangsa. Partai NasDem menghormati proses menyampaikan pendapat di muka umum. Namun proses tersebut harus sesuai dengan koridor perundang-undangan yang berlaku,” terangnya.

Pihaknya mengimbau kepada pihak yang tidak terima dengan keputusan KPU mengenai hasil pemilu bisa menempuh jalur yang telah ditentukan sesuai dengan koridor dan ketentuan yang ada.

“Pemilu adalah sarana untuk mewujudkan sarana memajukan kehidupan berbangsa dan bernegara, bukan sebaliknya, membuat kemunduran kehidupan bernegara. Oleh karena itu tindakan-tindakan yang merusak dan memaksakan kehendak sesungguhnya bertentangan dengan tujuan berdemokrasi,” ujarnya.

Nasdem juga mengimbau kepada masyarakat untuk tetap tenang dan beraktivitas sebagaimana biasanya. Oleh karena itu, pemerintah dan aparat keamanan diminta harus bisa memastikan berjalannya fungsi-fungsi lembaga negara dalam pelayanan publik.

Meski demikian, Nasdem juga memerintahkan setiap kader nasdem di seluruh Indonesia untuk tetap siaga merespon perkembangan yang ada. “Dan secara aktif menciptakan suasana harmoni dalam kehidupan berbangsa dan bernegara,” katanya.

 

Reporter: Ali Muntoha
Editor: Ali Muntoha

HUT ke-293 Grobogan

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.