Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Keren! SMK dan SMA Muhammadiyah Purwodadi Gelar Ujian Semester Menggunakan Smartphone Berbasis Android

0 223

MURIANEWS.com, Grobogan – Ujian dan penilaian akhir semester (PAS) di SMA dan SMK Muhammadiyah Purwodadi tahun ini mulai memanfaatkan teknologi. Yakni, pelaksanaannya cukup menggunakan ponsel pintar (smartphone) berbasis android.

Kepala SMK Muhammadiyah Purwodadi Sugiyarto mengungkapkan, ujian berbasis android lebih efektif dan tidak memunculkan banyak sampah kertas. Di samping itu, siswa jadi lebih termotivasi dan fokus dalam mengerjakan PAS tersebut. Dengan metode ini, akan membiasakan siswa lebih bijak dalam menggunakan ponselnya.

“Untuk menyongsong revolusi industri yang semakin maju, kita harus manfaatkan teknologi. Dengan teknologi ini juga lebih hemat, karena tidak ada biaya untuk menyalin lembaran soal,” jelasnya, Kamis (23/5/2019).

Wakil Kepala Kurikulum SMK Muhammadiyah Imam Sulistyonohadi menambahkan, untuk menuju ujian berbasis android mulanya dilakukan untuk siswa kelas XII dalam mata pelajaran ciri khusus pendidikan Muhammadiyah. Saat itu, pihaknya harus dua kali melakukan percobaan.

‘’Waktu kelas XII lalu, siswanya hanya 250 orang saja. Jadi uji cobanya cukup cepat, karena server kami mumpuni untuk melaksanakan ujian itu,” katanya.

Setelah berhasil, pihaknya mencoba metode yang sama untuk PAS sebagai penilaian untuk kenaikan kelas X dan XI. Namun, pihaknya harus lima kali melakukan uji coba terlebih dulu.

‘’Awalnya, kami mencari pengaturan server yang tepat untuk menggelar PAS ini. Awalnya, setiap ruangan ada 40 anak dengan penggunaan delapan server. Meski daya tampung server mumpuni sampai 50 orang, ternyata masih berat,” jelasnya didampingi tim IT SMK Muhammadiyah Purwodadi Arbrian Abdul Jamal.

Setelah diujikan pada percobaan keempat dan kelima, akhirnya PAS berbasis android mulai dijalankan sejak 20 Mei hingga 28 Mei mendatang. Jumlah siswa kelas X dan XI sebanyak 553 orang dan dibagi menjadi dua gelombang.

Gelombang pertama untuk kelas X mulai jam 8.00-10.00 WIB. Kemudian, gelombang kedua untuk kelas XI dimulai jam 10.00-12.00 WIB.

Menurutnya, penggunaan android sebagai metode PAS merupakan imbauan dari Dikdasmen Dewan Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Jawa Tengah. Hampir semua SMK Muhammadiyah di Jawa Tengah sudah menggunakan android sebagai metode PAS.

“Kami baru pertama kali ini menggunakan. Kedepannya, akan kami kembangkan lebih baik lagi,” katanya.

 

Reporter: Dani Agus
Editor: Supriyadi

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.