MURIANEWS.com
Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Gubernur Temukan Teri dan Cumi Berformalin di Pasar Magelang

0 65

MURIANEWS.com, Magelang – Gubernur Jawa Tengah menemukan sejumlah makanan yang beredar di pasar tradisional masih mengandung formalin. Terutama ikan asin, berupa teri ataupun cumi kering.

Ini diketahui Ganjar saat melakukan pantauan di Pasar Rejowinangun, Magelang, Kamis (23/5/2019). Ganjar melakukan pantauan di pasar ini bersama Wali Kota Magelang Sigit Widyonindito.

Temuan adanya bahan makanan yang mengandung formalin dan pewarna teksitil itu diketahui saat BPOM Semarang yang ikut dalam sidak melakukan uji sampel produk makanan di pasar tersebut.

Sejumlah makanan yang mengandung formalin di antaranya beberapa jenis teri dan cumi asin. Ada pula kerupuk yang menggunakan pewarna tekstil.

“Tadi BPOM mengecek makanan, ditemukan ada beberapa yang mengandung formalin dan bahan berbahaya lainnya,” katanya.

Ganjar meminta BPOm agar langsung menindaklanjuti temuan tersebut. Tak hanya dengan melarang makanan itu dijual, tetapi juga mendeteksi pemasok makanan mengandung bahan berbahaya tersebut.

“Kami minta ke BPOM untuk menindaklanjuti sampai ke siapa yang memasok barang itu, agar dapat dilakukan pembinaan sampai ke hulu,” ucapnya.

Ganjar berpesan kepada para pedagang dan juga distributor bahan makanan untuk tidak menggunakan bahan berbahaya pada produk makanan yang dijual. “Demi keamanan, janganlah menambahkan bahan-bahan berbahaya,” ujarnya.

Dalam sidak tersebut, Ganjar menemukan jika harga kebutuhan pokok yang biasanya melambung tinggi jelang Lebaran, saat ini masih stabil dan bahkan ada yang turun.

Beberapa komoditas yang mengalami penurunan harga di antaranya, gula dan bawang putih. Saat ini harga bawang putih sempat meroket mencapai Rp 60 ribu, kini turun di kisaran harga Rp 30 ribu.

“Bawang merah juga turun, dari sebelumnya mencapai Rp 40.000 sekarang Rp 22.000. Pasokan barang juga lancar, kami tidak kesulitan untuk kulakan,” kata Riski Harum (42) salah satu pedagang saat ditanya Ganjar.

Kepada para pedagang Ganjar memastikan pihaknya akan terus menjaga stabilitas harga di pasaran jelang Lebaran. Pihaknya juga akan terus menjamin suplai distribusi bahan pangan lancar dan tersedia. Sehingga, harga di pasaran tetap stabil.

 

Reporter: Ali Muntoha
Editor: Ali Muntoha

HUT ke-293 Grobogan

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.