MURIANEWS.com
Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Pemkab Jepara Gelar Pasar Murah, Tak Sampai Sejam Langsung Ludes

0 84

MURIANEWS.com, Jepara – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jepara, bekerjasama dengan 31 lembaga/institusi menggelar Pasar Murah, Rabu (22/5/2019). Kegiatan yang digelar di Shoping Centre Jepara (SCJ) ini, diserbu pengunjung dan ludes kurang dari sejam.

Pelaksana tugas (Plt.) Bupati Jepara, Dian Kristiandi mengatakan kegiatan ini  dilakukan Pemkab Jepara untuk meringankan beban masyarakat. Selain itu, pasar murah ini juga bertujuan untuk menjaga stabilitas harga menjelang Lebaran.

“Bagi masyarakat yang kurang mampu, pasar murah ini tentu akan sangat membantu. Selain itu, juga untuk menjaga stabilitas harga kebutuhan pokok,” katanya.

Ada 31 institusi dan lembaga yang dikoordinir oleh Pemkab Jepara untuk menggelar kegiatan pasar murah ini. Mereka masing-masing menyediakan beberapa barang komuditas kebutuhan pokok masyarakat.

Komoditas yang dijual antara lain, beras, gula pasir, minyak goreng, terigu, telur, mi instan, elpiji 3kg dan minuman. Barang-barang ini kurang dari satu jam saja sudah ludes dibeli oleh masyarakat.

“Kegiatan pasar murah ini, tidak hanya digelar pada ibukota kabupaten. Rencananya kegiatan yang sama juga akan digelar di masing-masing kecamatan. Waktunya direncanakan pada akhir pekan ini,” ujarnya.

Pada Pasar Murah ini, sebanyak 3.276 kg beras  habis dijual dengan harga hanya Rp 7.500/ kg. Kemudian gula pasir, jumlah yang dijual sebanyak 5.200 kg dengan harga Rp 9.500 setiap kilogramnya.

Lalu ada minyak goreng sebanyak 4.420 liter yang juga habis dibeli warga. Dalam pasar murah ini untuk minyak goreng dijual dengan harga Rp 8.000/liter.

Selanjutnya ada 1.560 kilogram telur ayam yang juga habis dibeli masyarakat dengan harga hanya Rp 16.500 setiap kilogramnya. Sementara untuk gas 3 kg yang dijual dengan harga Rp 15.500/tabung, disediakan 500 tabung.

Pranoto (35), salah seorang warga mengaku harus menunggu sejak jam 08.00 WIB, untuk mendapatkan sembako dengan harga lebih murah. Di pasar murah tersebut, ia membeli minyak goreng, telur dan gula pasir.

Menurutnya, harga di pasar murah memang jauh di bawah harga yang berlaku di pasaran. Karena itu, dirinya rela mengantri untuk bisa berbelanja di pasar murah ini. Misalnya untuk telur, di pasaran harganya bisa mencapai Rp 22.000/kilogram. Namun di pasar murah ini, ia cukup mengeluarkan Rp 16.500 untuk sekilo telur.

“Harganya sangat murah. Jadi benar-benar saya manfaatkan untuk mencukupi kebutuhan Ramadan dan Lebaran nanti,” pungkasnya.

 

Reporter: Budi Erje
Editor: Ali Muntoha

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.