MURIANEWS.com
Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Pasca-Gempa Bumi, Warga di Kudus Diimbau Tetap Tenang

0 280

MURIANEWS.com, Kudus – Masyarakat Kabupaten Kudus diimbau tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu tidak benar pasca terjadinya gempa bumi 4,2 SR di Kabupaten Kudus. Apalagi, berdasarkan pengamatan BMKG belum ada tanda-tanda gempa susulan.

“Kepada masyarakat diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya,” kata Kepala Geofisika Klas III Banjarnegara Setyoajie Prayoedhie dalam siaran persnya.

Ia mengatakan, gempa bumi berkekuatan 4,2 SR mengguncang masyarakat Kabupaten Kudus, Rabu (22/5/2019). Gempa yang terjadi pukul 11.22 WIB itu mengguncang tiga wilayah, yakni Demak, Jepara dan sekitarnya.

Baca Juga: 

Dari hasil analisa BMKG diperoleh parameter gempabumi dengan kekuatan M=4.2 SR. Pusat gempa bumi ini berada di darat pada koordinat 6.69 Lintang Selatan dan 110.78 Bujur Timur, sekitar 14 KM Barat Laut Kudus- Jawa Tengah, pada kedalaman hiposenter 10 kilometer.

“Berdasarkan laporan dari masyarakat, guncangan tersebut dirasakan di Kudus, Demak, Jepara II-III MMI. Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempabumi tersebut,” jelasnya dalam rilis tersebut.

Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal. Akibat aktivitas sesar lokal. Hingga saat ini  Hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempabumi susulan.

Sementara itu, Kepala BPBD Kudus Bergas Catursari membenarkan telah terjadi gempa pada hari Rabu 22 Mei 2019. Kekuatan gempa 4,2 SR. Lokasi gempa berada di 6.69 LS, 110.78 BT.

“14 KM Barat laut Kudus Jawa Tengah, dengan kedalaman 10 km,” ujarnya.

Lebih lanjut Bergas, hingg kini belum ada laporan terjadinya kerusakan akibat gempa tersebut. “Untuk kerusakan belum ada laporan,” tandasnya.

 

Reporter: Dian Utoro Aji
Editor: Supriyadi

HUT ke-293 Grobogan

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.