Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Rumah Warga di Pati Bergetar Kena Guncangan Gempa 4.2 SR

0 1.963

MURIANEWS.com, Pati – Gempa dengan kekuatan 4.2 skala richter (SR) telah terjadi di wilayah Kudus dan sekitarnya. Gempa berada di 14 km barat laut Kudus, terjadi pada pukul 11.22.22 WIB.

Getaran gempa ini juga dirasakan oleh warga di Kabupaten Pati. Berdasarkan informasi yang dilansir dari laman Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) posisi gempa berada di darat pada koordinat 6.69 Lintang Selatan dan 110.78 Bujur Timur. Gempa terjadi pada kedalaman hiposenter 10 kilometer.

Murtini (47) salah seorang warga Kecamatan Gembong, Pati mengatakan, getaran gempa itu berlangsung tidak terlalu lama, yakni hanya beberapa detik saja. Tetapi, getaran itu sangat terasa lantaran pintu rumah juga ikut bergetar.

“Sewaktu pertama kali ada getaran, saya juga kaget. Ternyata, pintu juga ikut bergetar,” katanya.

Senada juga dikatakan oleh Wahyuni (26) yang juga warga Gembong. Pada saat gempa terjadi, dirinya sedang istirahat sambil tiduran di lantai. Tak lama kemudian, lantai rumahnya terasa bergetar.

“Saya juga kaget, kok lantainya bergetar. Ternyata malah ada gempa. Getaran paling satu detik, tetapi cukup keras,” ungkapnya.

Dari pantauan MURIANEWS.com, gertaran gempa di Juawa lebih terasa dibandingkan di kecamatan lain. Seperti halnya di daerah Pati Kota, getaran tidak begitu kentara. Bahkan sebagian orang tidak mengetahui kalau di Pati terjadi gempa.

Lain halnya di Kecamatan Dukuhseti, getaran gempa juga sangat terasa lantaran lokasinya berdekatan dengan pantai utara. Itu disampaikan oleh Rohman (26) salah seorang warga Dukuhseti yang juga merasakan getaran gempa tersebut.

“Pada saat itu saya sedang santai dan bermain HP. Tiba-tiba tempat tidur saya bergetar-getar seperti ada yang menggoyang. Seketika itu pula, tetangga keluar dengan teriak gempa-gempa. Saya langsung saja ikut keluar untuk mengamankan diri,” jelasnya.

Baca juga: Gempa 4,2 SR Guncang Kabupaten Kudus

Sampai  berita ini diturunkan, belum ada laporan adanya kerusakan rumah ataupun reruntuhan bangunan. Hanya, warga yang lokasinya berdekatan dengan pantai utara pati, beberapa peralatan dapur sempat jatuh.

Sementara itu, Umaroh Bagian Data dan Informasi BMKG Stasiun Klimatologi Semarang mengatakan, melihat posisinya, gempa berada di wilayah Jepara. Menurut dia, gempa terjadi akibat adanya aktivitas sesar lokal.

”Selain itu tak ada tanda-tanda akan adanya gempa susulan,” katanya kepada MURIANEWS.com.

 

Reporter: Cholis Anwar
Editor: Ali Muntoha

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.