MURIANEWS.com
Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Jelang Lebaran, Jepara Kembali Diberi Tambahan 30 Ribu Tabung Elpiji 3 Kg

0 34

MURIANEWS.com, Jepara – Kebutuhan elpiji bersubsisi 3 Kg masyarakat Jepara diperkirakan akan mengalami lonjakan selama menjelang Idul Fitri. Untuk mengantisipasi lonjakan tersebut, Pemkab Jepara telah mengajukan penambahan kuota.

Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Jepara, Dian Kristiandi menyatakan, saat ini pihaknya sudah memastikan akan ada tambahan sekitar 30 ribu tabung .

Dijelaskannya, pada bulan April 2019 lalu, alokasi elpiji 3 Kg di Jepara mencapai 765.520 tabung. Jumlah tersebut sudah termasuk tambahan fluktuatif sebanyak 15.120 tabung atau setara 2 persen.

“Pada bulan Mei ini,  alokasi reguler untuk Jepara sudah ditambah menjadi 795.200 tabung. Atau ada tambahan sebanyak 30 ribu tabung dibandingkan alokasi pada April sebelumnya,” kata Dian Kristiandi, Rabu (22/5/2019).

Jumlah tersebut dipastikan akan kembali ditambah dengan pasokan fluktuatif sebanyak 29.680 tabung. Jumlah ini setara dengan 3,7 persen dari alokasi reguler.

Dengan penambahan ini diharapkan sudah bisa mengantisipasi kebutuhan, sehingga tidak terjadi kelangkaan barang.

Masih menurut Dian Kristiandi, elpiji 3 kg bukan satu-satunya komoditas yang diantisipasi ketersediaan, distribusi, dan harganya. Pihaknya juga masih terus melakukan pemantauan kondisi pasar untuk memastikan kebutuhan pokok masyarakat terpenuhi.

Antisipasi juga terkait upaya menekan kenaikan harga barang-barang kebutuhan pokok masyarakat, dan keamanan distribusinya. Setidaknya, sampai saat ini sudah tiga kali mengunjungi sejumlah pasar tradisional di Jepara.

“Kami juga menggelar pasar murah. Untuk tingkat kabupaten pada 22 Mei 2019, dan tingkat kecamatan diagendakan tanggal 22 Mei sampai 25 Mei,” tambah Dian Kristiandi.

Untuk lebih cepat dalam mengatasi persoalan, para camat juga sudah diinstruksikan untuk memberikan informasi tercepat mengenai kejadian-kejadian di wilayah kerja masing-masing. Para cepat juga diminta untuk selalu dalam posisi on call.

 

Reporter: Budi Erje
Editor: Ali Muntoha

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.