MURIANEWS.com
Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Pasca-Pengumuman KPU, Jateng Siaga Satu Hingga 25 Mei 2019

0 61

MURIANEWS.com, Semarang – Polda Jawa Tengah menetapkan situasi keamanan Siaga Satu selama masa penetapan hasil Pemilu 2019 di tingkat nasional. Status siaga satu ini berlaku sejak Rabu (22/5/2019) hari ini hingga 25 Mei 2019.

Dengan status ini, setiap polres di jajaran Polda Jateng menggelar pasukan untuk meningkatkan penjagaan. Kabid Humas Polda Jateng, Kombes Pol Agus Triatmaja menyatakan, status siaga satu ini sesuai dengan instruksi Kapolri.

Siaga 1 mulai 21 hingga 25 Mei, Kapolda Jawa Tengah menginstruksikan untuk melakukan penjagaan di kantor Mapolda, serta beberapa titik kerawanan di Jawa Tengah,” katanya.

Pengamanan juga dilakukan di instansi-instansi vital lainnya, seperti KPU dan Bawaslu. Menurut dia, kesiagaan keamanan tersebut berlaku hingga pascapenetapan hasil pemilu. Ia menjelaskan seluruh personel di jajaran harus siaga dan siap digerakkan sewaktu-waktu.

Agus mengakui, seluruh satuan kerja dari Satintel, Satreskrim dan Satlantas diminta untuk siaga hingga waktu yang belum ditentukan.

“Selain di mapolda, seluruh polres di wilayah Jawa Tengah juga diwajibkan untuk menerapkan pengamanan sesuai dengan instruksi kapolri,” katanya.

Sebelumnya, Agus juga mengatakan kepolisian mengimbau agar tidak ada pengerahan massa ke Jakarta saat batas akhir penetapan hasil pemilu pada 22 Mei 2019.

“Tidak perlu berangkat ke Jakarta, mari bersama-sama kita siapkan situasi yang kondusif,” katanya.

Jajaran Polda Jateng juga menggelar razia kendaraan bermotor untuk mengantisipasi peredaran barang berbahaya dan senjata tajam jelang penetapan hasil pemilu pada 22 Mei 2019.

Razia dilakukan oleh personel gabungan TNI-Polri di seluruh jajaran tersebut sekaligus upaya penegakan hukum.

Di Polda Jateng sendiri, satu kompi Pasukan anti huru hara (PHH) Brimob Jateng disiagakan. Pasukan yang dipimpin AKP Siwi Darpita itu, itu siap digerakkan saat terjadi gangguan keamanan.

 

Reporter: Ali Muntoha
Editor: Ali Muntoha

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.