Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Ricuh Putusan KPU, Polisi Pastikan Tak Ada Rombongan Warga Jepara Demo di Jakarta

0 178

MURIANEWS.com, Jepara – Untuk menjaga kondusifitas pascaditetapkannya hasil Pemilu 2019 oleh KPU, Polres Jepara menggelar razia. Kegiatan ini dilaksanakan pada Rabu (22/5/2019) dinihari, di wilayah perbatasan Jepara-Kudus.

Sasaran utama dalam razia tersebut adalah  barang bawaan yang ada pada kendaraan roda 4 ke atas. Termasuk penumpang, dan barang yang dibawa dilakukan pemeriksaan.

Pihak Polres Jepara mengantisipasi kemungkinan adanya senjata tajam, bahan peledak, maupun bahan berbahaya lainnya.

Kapolres Jepara AKBP Arif Budiman, menyatakan, kegiatan seperti ini sebenarnya sudah dilaksanakan sejak lima hari sebelumnya. Secara bergantian ada tiga titik yang menjadi sasaran razia.

“Untuk malam ini, dilakukan di  rayon selatan, tengah dan utara. Ada 76 personel yang dilibatkan dalam kegatan ini. Mulai dari Satuan Lalu Lintas, Sabhara, dan Satuan Reskrim,” katanya.

Tidak ada barang berbahaya yang ditemukan dalam razia kali ini. Hanya ada beberapa pengendara yang harus ditilang. karena tidak lengkap administrasi kendaraan yang dibawa. Secara umum, tidak ada kejadian menonjol yang terjadi dalam kegiatan ini.

Selain merupakan bagian dari kegiatan rutin dalam rangka Ramadan dan Lebaran, kegiatan ini juga ditunjukan untuk menciptakan kondusifitas selepas penetapan rekapitulasi oleh KPU.

Di Kabupaten Jepara sendiri, sampai saat ini belum ditemukan adanya indikasi keterlibatan masyarakat Jepara dalam aksi demonstrasi di Jakarta.

“Terkait aksi besar-besaran yang digelar di Jakarta, yang tidak terima akan hasil Pemilu, kami bisa pastikan tidak ada warga Jepara yang turut datang ke sana. Sampai saat ini (warga Jepara-red) tidak ada yang berangkat,” terangnya.

Terkait dengan memanasnya suhu politik, pasca KPU menetapkan hasil rekapitulasi, Polres Jepara meminta masyarakat Jepara tidak terpancing dengan situasi yang terjadi di Jakarta. Proses Pemilu 2019 di Jepara sudah berlangsung aman dan lancar, sehingga tidak perlu terprovokasi.

Polres Jepara sendiri berencana akan menggelar doa bersama dengan masyarakat, di Mapolres Jepara malam ini. Semua bagian akan diundang untuk bersama-sama memberikan doa bagi Indonesia.

“Kami imbau seluruh masyarakat Jepara untuk terus menjaga persatuan dan kondusifitas wilayah. Mari bergandengan tangan untuk melanjutkan pembangunan yang telah dilaksanakan dan beraktifitas seperti sedia kala,” tandasnya.

Diberitakan sejumlah media, aksi unjukrasa yang terjadi di Jakarta menjadi ricuh. Beberapa mobil yang berada di depan Asrama Brimob Petamburan dibakar. Selain itu, belasan pendemo juga mengelami luka-luka.

 

Reporter: Budi Erje
Editor: Ali Muntoha

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.